Jungkook dari Awal Dipilih FIFA untuk Tampil di Qatar di Antara Tujuh Member BTS
Musik

Pertanyaan muncul di seluruh dunia, menanyakan mengapa seorang penyanyi K-pop menyanyikan soundtrack resmi turnamen sekaligus tampil di upacara pembukaan Piala Dunia pertama yang diadakan di Arab.

WowKeren - Pada 22 November, outlet berita Chosun Ilbo merilis laporan yang menjelaskan bagaimana Jungkook BTS tampil di upacara pembukaan Piala Dunia di Qatar. FIFA (Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional) mengatakan secara khusus meminta Jungkook dari ketujuh member lainnya untuk bergabung di FIFA World Cup Qatar 2022.

Penampilan Jungkook pun sukses besar. Saat ini, aksi panggung member termuda BTS itu di upacara pembukaan Piala Dunia dengan lagu "Dreamers" mencapai 18 juta view di channel YouTube resmi FIFA dan 11 juta view di channel YouTube resmi BTS.

Namun banyak pertanyaan muncul di seluruh dunia, menanyakan mengapa seorang penyanyi K-pop menyanyikan soundtrack resmi turnamen sekaligus tampil di upacara pembukaan Piala Dunia pertama yang diadakan di Arab.

Beberapa mengklaim bahwa itu karena BTS menjadi promotor merek global dari pabrikan otomotif terkenal Korea Hyundai Motors, yang merupakan sponsor resmi Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Namun, menurut orang dalam industri, itu tidak ada hubungannya dengan Jungkook yang bergabung dengan Piala Dunia 2022.


Sekitar sebulan yang lalu, FIFA "mengetuk pintu" agensi BTS HYBE Labels, tanpa menghubungi mereka melalui Hyundai Motors. Mereka menghubungi kantor pusat HYBE Labels, HYBE Labels cabang AS dan Big Hit Music (perusahaan HYBE Labels yang mewakili BTS) untuk menghubungi Jungkook.

FIFA belum mencatat mengapa mereka menginginkan Jungkook dari tujuh member BTS untuk menjadi bagian dari Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Tapi terungkap bahwa mereka secara khusus meminta member termuda BTS itu sejak awal.

Sebelumnya, direktur kreatif Italia Marco Balich, yang bertanggung jawab atas upacara pembukaan dan penutupan Piala Dunia di Qatar, menceritakan bahwa pemerintah Qatar memintanya untuk menekankan multikultural, keragaman dan perdamaian pada upacara pembukaan.

Karena BTS dan ARMY fandom mereka telah menyuarakan berbagai pesan yang merangkul banyak orang dari berbagai generasi dan ras, para kritikus percaya bahwa ini adalah salah satu alasan mengapa mereka ingin Jungkook berpartisipasi dalam pertunjukan upacara pembukaan, belum lagi popularitas BTS di seluruh dunia.

Seorang kritikus Kim Do-hun menyatakan, "Bintang K-pop dan penggemar mereka sering menyatukan orang, tapi masalah politik yang sensitif tidak dibahas selama ini. Memilih Jungkook mungkin merupakan pilihan yang paling tidak berisiko serta yang terbaik untuk FIFA untuk membuat semua orang masuk ke suasana pesta mereka."

(wk/dewi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait