Member THE BOYZ Dituding Plagiat B.A.P Usai Bagikan Lagu Ciptaan Sendiri
Instagram/official_theboyz
Musik

Eric THE BOYZ baru saja merilis lagu ciptaan sendiri yang ia persembahkan untuk fans di momen ulang tahunnya. Namun kini lagu tersebut terseret isu plagiat lagu boy group gen 2, B.A.P.

WowKeren - Eric THE BOYZ baru saja merilis lagu spesial ciptaannya sendiri untuk memperingati ulang tahunnya pada 22 Desember kemarin. Namun rupanya member THE BOYZ itu malah langsung menerima respon tudingan plagiarisme atas lagu tersebut. Eric diduga plagiat lagu dari salah satu boy group K-Pop generasi 2, B.A.P.

Kamis (22/12) kemarin, Eric THE BOYZ merilis lagu berjudul "4:03 (Jet Lag)" di SoundCloud untuk merayakan ulang tahunnya. Dalam kreditnya, terungkap bahwa Eric telah menulis dan menggubah lagu itu sendiri. "4:03 (Jet Lag)" mengekspresikan kerinduan Eric untuk para penggemar dan keinginan sang idol untuk bertemu dengna mereka.

Namun "4:03 (Jet Lag)" ternyata langsung membuat sebagian netizen teringat dengan lagu B.A.P yang dirilis tahun 2013 lalu, "Coffee Shop". Bahkan mereka mengklaim bahwa melodi "4:03 (Jet Lag)" terlalu mirip dengan "Coffee Shop" milik B.A.P, terutama bagian intro. Secara khusus, mereka menuduh Eric benar-benar mengambil intro dari "Coffee Shop' untuk "4:03 (Jet Lag)" tanpa memberikan kredit apa pun pada lagu aslinya.


"Bahkan selain melodinya, itu benar-benar sama. Sehingga ada dugaan plagiat. Pada tingkat ini, bahkan ada pembicaraan tentang kemungkinan dia membeli hak cipta dari lagu tersebut. Atau mungkin itu sebenarnya lagu sampel. Jika tidak ada di atas, itu hanya akan menjadi situasi yang membingungkan," bunyi postingan di komunitas online, Theqoo.

Netizen di komunitas online pun tampaknya setuju dengan kemiripan dari kedua lagu tersebut. "Tidak, tapi saya terkejut betapa miripnya itu," tulis seorang netizen. "Melodi nyanyiannya pun sama. Bukankah ini berlebihan?" sambung yang lain. "Itu benar-benar sama. Kamu bahkan tidak perlu memperhatikan lagunya untuk menemukan kemiripannya," pungkas yang lain.

Bagaimana menurut kalian?

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru