Dayoung WJSN Lontarkan Komentar Fatphobic ke Shindong SuJu Tuai Berbagai Reaksi
Instagram/earlyboysd
Selebriti

Klip tersebut mendapat perhatian setelah seorang penggemar membagikan video tersebut, tapi alih-alih melihat masalah dalam komentar Dayoung, mereka menganggapnya lucu.

WowKeren - Baru-baru ini, Dayoung WJSN (Cosmic Girls) mendapat kecaman karena komentarnya terhadap Shindong Super Junior yang dinilai bersifat fatphobic/fatfobia. Komentar ini juga menimbulkan perdebatan tentang kemunafikan dalam K-Pop.

Sejak debut, Shindong tidak pernah malu dengan berat badannya tapi dikecam oleh netizen karena tidak sesuai dengan standar kecantikan Korea. Pada 2019, ia bahkan mengungkapkan akan menurunkan berat badan setelah terus-terusan mendapat kritik.

Bulan lalu, Dayoung bergabung dengan Shindong di episode lain "Idol League" dengan girl grup XG. Di sini, para member harus melakukan tugas selama acara untuk mendapatkan makanan yang berbeda.

Pada satu titik, member XG menyebutkan makanan apa yang mereka suka. Setelah salah satu member menjawab dada ayam dan ubi, Shindong sepertinya mengerti bahwa itu adalah makanan para idol yang sedang diet. Main dancer Super Junior itu kemudian berusaha membuat mereka merasa lebih baik, menambahkan bahwa makan di acara televisi tidak membuat mereka gemuk.

Dayoung kemudian menimpali, "Benar, lihatlah Shindong. Dia hanya makan di (acara) TV." Sementara bagi orang lain, itu bisa terlihat seperti pujian, Shindong dan reaksi XG sepertinya tidak menerimanya secara positif.


Komentar Dayoung WJSN ke Shindong SuJu Dinilai Fatphobic, Netizen Soroti Kemunafikan di K-pop

Namun, hal itu memicu perdebatan tentang kemunafikan di K-Pop. Klip tersebut mendapat perhatian setelah seorang penggemar membagikan video tersebut, tapi alih-alih melihat masalah dengan komentar Dayoung, mereka menganggapnya lucu.

Dalam komentar di media sosial, banyak yang memuji komentar Dayoung, merujuk pada tindakan Shindong di masa lalu sebagai alasan untuk berkomentar tentang berat badannya dan tidak menganggapnya salah. Namun, penggemar Super Junior (ELF) dan netizen lainnya membagikan kemarahan mereka terhadap postingan tersebut.

Bagi banyak orang, mereka membenci kemunafikan netizen. Netizen selalu mengkritik "standar kecantikan" yang keras di K-Pop, terutama ketika idol kehilangan berat badan dan menjadi kurus. Sementara beberapa netizen terus mengungkit komentar yang dikatakan Shindong di masa lalu tentang berat badan wanita, penggemar memberitahukan bahwa dia sudah minta maaf untuk itu.

Netizen juga marah karena isu "fatphobia" sangat besar di Korea dan dikecam, tapi tidak ketika mengacu pada idol tertentu (dalam hal ini Shindong) yang tidak sesuai standar atau mereka yang telah melakukan hal-hal "bermasalah" di masa lalu. Fans juga menyoroti bahwa jika komentar Dayoung dikatakan oleh artis pria kepada idol wanita, maka itu akan menjadi berita besar dan menimbulkan keributan.

Netizen ingin Dayoung meminta maaf atas komentarnya kepada Shindong yang merupakan artis senior. Yang lain menyoroti bahwa itu menunjukkan standar ganda dan kemunafikan ketika membahas topik berat dan citra tubuh di K-Pop.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru