Album EXO dan NCT Pernah Bocor, Key SHINee Spill Cara SM Entertainment Lacak Penyebar
Instagram/bumkeyk
Musik

Dalam diskusi yang cukup menarik di departemen A&R, Key mengungkap rahasia industri tentang bagaimana SM mengidentifikasi penyebab di balik kebocoran musik baru mereka jika hal itu terjadi.

WowKeren - Beberapa grup SM Entertainment seperti EXO dan NCT pernah menderita kerugian saat lagu-lagu mereka bocor sebelum waktunya dirilis. Baru-baru ini, Key SHINee mengungkap rahasia bisnis tentang bagaimana SM secara taktis melacak mereka yang bersalah membocorkan musik baru dan meminta pertanggungjawaban secara hukum.

Pada episode terbaru acara YouTube "Ssulply", Key diundang sebagai tamu istimewa dan mengantar pembawa acara, Lee Seok Hoon, berkeliling di markas SM Entertainment. Dalam diskusi yang cukup menarik di departemen A&R perusahaan, Key mengungkap rahasia industri tentang bagaimana SM mengidentifikasi penyebab di balik kebocoran musik baru mereka jika hal itu terjadi.

Key menjelaskan, "Contohnya, ada kalanya kita memerlukan tim desain jaket/cover album untuk mendengarkan musik baru. Saat kami mengirimkan file musik kepada mereka, kami menanamkan suara yang hanya kami ketahui pada detik ke-10. Di track demo. Tapi kalau versi itu bocor, berarti tim itu yang membocorkannya."


Album EXO dan NCT Pernah Bocor, Key SHINee Spill Cara SM Entertainment Lacak Penyebar Album EXO dan NCT Pernah Bocor, Key SHINee Spill Cara SM Entertainment Lacak Penyebar Album EXO dan NCT Pernah Bocor, Key SHINee Spill Cara SM Entertainment Lacak Penyebar

Penyanyi kelahiran 1991 itu melanjutkan, "Saat kami mengirim satu file musik ke stasiun penyiaran, kami menanamkan suara itu di sekitar detik ke-25. Jika yang itu bocor, maka stasiun penyiarannyalah yang membocorkannya."

Melalui strategi cerdik tersebut, Key menjelaskan bahwa SM Entertainment mampu menelusuri individu atau tim mana yang bertanggung jawab membocorkan musik terbaru mereka.

Fans dan netizen yang terkesan berkomentar, "Itu sangat keren," "Itu sebenarnya sangat cerdas," "Mereka sangat teliti," "Aku pikir membocorkan adalah sebuah masalah tapi mereka juga memiliki orang yang melakukan peretasan," "Bagus sekali betapa telitinya mereka", dan "Ini adalah strategi yang bagus."

(wk/dewi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru