V BTS Beri Penjelasan setelah MV 'FRI(END)S' Tuai Kontroversi
YouTube
Musik

V membeberkan makna dari lagu 'FRI(END)S', serta berbagi cerita soal pembuatan MV-nya. Hal ini diutarakan V usai video musiknya sempat mendapat protes dari sebagian fans.

WowKeren - V BTS telah merilis single digitalnya yang berjudul "FRI(END)S" pada Jumat (15/3). Video musik yang memperlihatkan akting menawan V itu mendapat banyak pujian, baik dari fans maupun sejumlah rekan artis.

Namun, nyatanya ada pula yang mengkritik V karena memperlihatkan beberapa adegan dewasa dalam video musiknya itu. Tak lama setelah MV ini dikritik, V memberi penjelasan mengenai lagunya tersebut melalui video di balik layar yang diunggah ke kanal YouTube pada Selasa (19/3).

Mulanya, kritik ini disampaikan oleh sejumlah fans di Weverse. Mereka mengaku ngeri ketika melihat ada pasangan lesbian dan homoseksual yang terlihat berciuman di latar belakang video musik tersebut. Mereka mengatakan bahwa adegan tidak pantas itu seharusnya tidak dimasukkan.

Yang lain mengaku kecewa pada V lantaran membiarkan adegan "menjijikkan" semacam ini terus ditayangkan sampai ke bagian akhir video musik. Sontak saja, kritikan ini menimbulkan perdebatan di antara para penggemar. Mereka terbagi menjadi dua kubu, antara membela dan mengkritik V.

V BTS Beri Penjelasan setelah MV \'FRI(END)S\' Tuai Kontroversi

Source: Weverse/YouTube

Fans yang mendukung mengatakan bahwa ini memang cara V dalam memberikan dukungannya kepada komunitas LGBTQ+. Namun, tentu saja alasan ini tidak diindahkan oleh penggemar yang kontra pada video musik idol kelahian 1995 itu.


Bukan hanya itu, video musik "FRI(END)S" juga mendapat kritik lain perihal adegan V tertabrak mobil hingga berdarah-darah. Sejumlah rekan artis seperti LE SSERAFIM dan Yum Jung Ah bahkan tampak terkejut dan sempat berniat untuk mengalihkan pandangan mereka ketika adegan itu diputar.

Sebagian fans lantas berdebat soal mengapa V tidak mencantumkan peringatan pada MV miliknya tersebut, seperti yang tertera pada video musik "Revenge" milik (G)I-DLE dan "Amygdala" milik Suga. Sejak Agustus 2012, Korea Selatan telah menerapkan undang-undang yang mewajibkan semua video musik, sebelum dirilis secara online (bahkan untuk distribusi gratis), harus menjalani pengawasan ketat oleh Dewan Pemeringkatan Media Korea (KMRB) untuk diberi label yang sesuai dengan usia.

Kendati video musik V menyertakan adegan tabrakan mobil, beberapa orang berpendapat bahwa MV tersebut kurang berisi ketelanjangan yang eksplisit atau menyinggung, serta adegan tabrakan mobilnya singkat dan tampak sebagai ilusi tokoh protagonis, maka hal tersebut tidak dianggap berdampak.

Saat syuting MV tersebut, V sempat memberi penjelasan mengenai lagu terbarunya ini. Ia mengakui beberapa lirik dan adegan yang ada dalam video musik adalah gambaran sisi lain dari dirinya.

"Ini adalah lagu cinta. Di mana lagu ini menangkap sisi ceria dan nakalku dan kami memadukan elemen di sana-sini yang akan membuatmu tersenyum. Kami membuat video ini dengan harapan ARMY (sebutan fans BTS) akan tersenyum saat mereka menontonnya," ungkap V.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait