Pemotretan Hanbok NewJeans dan ILLIT Disebut Buktikan HYBE Tiru Formula Min Hee Jin
X/NewJeans_twt/X/ILLIT_official
Selebriti

Setelah Min Hee Jin menjelaskan soal konsepnya ditiru BeLift Lab, pemotretan hanbok NewJeans dan ILLIT beberapa waktu lalu kembali dibahas. Pemotretan itu disebut sebagai bukti dari kesamaan formula girl grup yang diklaim oleh CEO ADOR tersebut.

WowKeren - Sehubungan dengan pernyataan Min Hee Jin soal ILLIT menjiplak formula NewJeans, pemotretan hanbok kedua grup mendadak jadi perbincangan. Kemiripan dari foto sesama grup HYBE itu disebut membuktikan klaim dari sang CEO ADOR.

Pada konferensi pers Kamis (25/4), CEO Min menjelaskan di mana letak NewJeans ditiru oleh ILLIT. Bukan pada konsep besar Y2K atau gaya rambut hitam panjang, menurutnya yang ditiru dari NewJeans adalah formula grup.

“Aku tidak mengkritik ILLIT. Anak-anak tidak melakukan kesalahan apa pun. Ini adalah masalah orang dewasa. Aku mengungkit plagiarisme karena hal-hal berikut. Tentu saja siapa pun bisa memiliki rambut lurus panjang. Tapi mereka terlalu banyak meniru formula kami,” kata CEO Min.

Bukan marah kepada member ILLIT, CEO Min mengaku kecewa pada para pemangku jabatan. Ia merasa tindakan itu tidak bisa dinormalisasi atau akan banyak grup ingin menjadi “NewJeans” dan membuat konsep multi-label jadi tidak ada artinya.

“Alasanku sedih adalah karena apa alasan memiliki multi-label? Jalankan saja perusahaan seperti YG atau SM. Multi label hadir untuk menonjolkan individualitas masing-masing kelompok,” ungkapnya.

CEO Min melanjutkan, “Alasanku membenci hal ini adalah karena jika seseorang seperti (HYBE) dapat meniru kami, maka perusahaan kecil juga akan mulai meniru NewJeans karena mereka menyimpulkan bahwa kamu dapat berhasil hanya dengan meniru kami. Lalu semua orang menjadi NewJeans. Aku harus melontarkan kritik seperti itu agar industri ini bisa tetap hidup.”

Lebih lanjut, CEO Min tidak mengatakan bahwa NewJeans pemilik konsep Y2K. Ia hanya keberatan dengan formula girl grup yang ditiru. Dalam hal ini, maksudnya adakah konsep “simple” dan “gamblang” untuk sebuah girl grup.

Pemotretan Hanbok NewJeans dan ILLIT Disebut Buktikan HYBE Tiru Formula Min Hee Jin

Source: TheQoo

Seiring dengan pernyataan CEO Min, pemotretan hanbok NewJeans dan ILLIT menjadi pembicaraan di forum online. Netizen menganggap foto-foto kedua grup itu mirip walaupun diambil pada waktu berbeda dan outfit yang sedikit berbeda.

Soal foto hanbok NewJeans, pada saat itu belum banyak girl grup melakukan pemotretan dengan pakaian tradisional Korea di luar ruangan dan mengusung suasana tertentu. Pada saat itu, NewJeans melakukan pemotretan di sebuah rumah tradisional dengan palet warna hanbok pastel dan sekitarnya didominasi warna-warna hangat.

Di sisi lain, ILLIT dengan jumlah member yang sama juga melakukan pemotretan di rumah tradisional Korea dengan habok berwarna pastel. Namun bedanya, ILLIT menambahkan mantel bulu pada bagian atasan.

Adapun kesamaan dari foto itu antara lain, dua member memakai hiasan tradisonal di puncak kepala dan tiga lainnya dengan jepitan rambut cantik di sisi kepala. Selain itu, palet warna dan suasananya memberikan vibe mirip yang susah dibedakan.

"Tidak ada grup lain yang melakukan pemotretan hanbok menggunakan skema warna dan sinematografi seperti itu. Tapi mereka hanya menyalinnya, membuatnya terlihat lebih jelas," kata salah satu netizen. "Sangat jelas bahwa orang-orang akan teringat pada NewJeans. Min Hee Jin jadi gila karena berani menyentuh ciptaannya," sahut netizen lain. "Mereka sangat mirip," imbuh yang lain.

"Bahkan saat itu, orang-orang terus mengatakan bahwa mereka mirip… Orang-orang membiarkannya begitu saja karena keduanya berada di bawah HYBE," komentar seorang netizen. "Sejujurnya, sudah melewati batas bagi sebuah perusahaan untuk mendebutkan grup tiruan dengan konsep yang sama hanya dalam waktu dua tahun setelah debut aslinya," ujar lainnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait