Warga Dihebohkan 64 Sumur Ambles di Kediri, Begini Penampakannya
Nasional

Begini penampakan puluhan sumber ambles di kabupaten Kediri yang meresahkan warga.

WowKeren - Peristiwa mengejutkan terjadi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Belakangan warga di tiga dusun di wilayah Desa Manggis, Kecamatan Puncu digegerkan oleh amblesnya sejumlah sumur di daerahnya.

Berdasarkan laporan terbaru, setidaknya sudah ada sekitar 64 sumur yang ambles dalam waktu singkat. Fenomena itu terjadi sejak Senin (24/4).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sendiri mengatakan hal itu terjadi lantaran adanya pergerakan tanah berupa robohan material tanah. Lokasi sumur ambles diketahui merupakan bagian utara Gunung Kelud yang sebagian besar memiliki kemiringan mulai lereng datar hingga agak miring dengan elevasi 242 meter di atas permukaan laut.


PVMBG menuturkan ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab sumur ambles tersebut. Diantara hujan yang intensitasnya tinggi, drainase yang kurang baik di lokasi bencana, material yang mudah tergerus air hingga mudah longsor dan erosi di dinding sumur.

Saat ini tim telah diterjunkan ke lokasi untuk memeriksa kejadian itu dan memberikan arahan. Akibat kejadian ini, warga mulai resah akan kesulitan air bersih mengingat lubang sumur tertutup material tanah.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait