Pernah Bangun Tidur Tapi Tubuh Jadi Lemas? Ternyata Ini Penyebabnya
SerbaSerbi

Buat penasaran, kira-kira apa penyebab tubuh kita serasa remuk dan lemas saat bangun tidur? Berikut ulasannya.

WowKeren - Pernah nggak kalian bangun tidur tapi tubuh justru terasa lemas. Tak hanya lemas, tubuh bahkan bisa terasa berat, mata pedih, tubuh pegal-pegal atau justru malah ingin tidur lagi. Ternyata hal itu terjadi bukan karena tanpa sebab.

Banyak alasan yang membuat tubuhmu justru menjadi lemas saat bangun tidur. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh aktivitasmu di siang hari atau menjelang tidur. Berikut kebiasaan "jahat" yang membuat tubuh lemas dan lunglai di pagi hari.

1. Malas Olahraga

Olahraga memang menyehatkan tubuh. Namun siapa sangka jika efek olahraga juga bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Ternyata, olahraga bisa membantu kita tidur lebih nyenyak agar tubuh terasa lebih segar saat bangun di keesokan paginya.

Olahraga juga bisa meredakan stres dan membangkitkan semangat positif kalian di pagi hari. Di antara jenis olahraga yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidur yaitu yoga, stretching dan olahraga yang baik untuk detak jantung.

2. Memainkan Smartphone Sampai Larut Malam

Jaman sekarang banyak orang yang sulit meninggalkan smartphone-nya. Tak sedikit pula yang justru masih memainkkan ponselnya ke kasur dan bermain game atau menggunakan sosmed seperti Twitter, Path, Instagram hingga Facebook.

Saat pikiran fokus di lini masa, seringkali membuat kita lupa diri dan akhirnya baru bisa tidur saat larut malam. Kebiasaan ini lah yang justru menurunkan kualitas tidur. Sebelum tidur, sebaiknya jauhkan ponsel, TV, laptop atau gadget lain agar waktu tidur tidak terganggu.

3. Kurang Sinar Matahari

Jangan menyepelekan manfaat sinar matahari terutama di pagi hari. Jangan pula menggunakan tirai dari bahan yang menutupi sinar matahari ke kamar. Karena jika ruangan terlalu gelap, ritme biologis tubuh akan sulit membedakan antara siang dan malam.

Jika sudah seperti itu, tubuh lebih sulit terbangun dari tidur di pagi hari. Pastikan kamar tidur sudah mendapat cukup sinar matahari yang masuk lewat jendela. Sinar itulah bisa memberi sinyal pada otak untuk memberitahu bahwa sudah saatnya untuk bangun.


4. Makan Junk Food Sebelum Tidur

Daging olahan seperti sosis, smoked beef, burger dan makanan frozen lainnya ternyata sangat "jahat" pada tubuh. Makanan frozen atau instan itu bisa menghasilkan gas di lambung yang membuat perut tidak nyaman.

Kondisi inilah yang membuatmu sulit tidur nyenyak sehingga di pagi harinya tubuh merasa lelah. Selain junk food, hindari juga makanan pedas, buah yang rasanya asam, saus tomat, bawang bombay dan makanan lain yang mengganggu sistem pencernaan.

5. Minum Kopi Bercangkir-Cangkir

Kafein memang dipercaya sebagai obat kantuk yang manjur. Tapi kafein tidak hanya memicu mata untuk tetap terjaga, tapi juga berpengaruh terhadap kerja Jantung. Kopi menyebabkan heartburn atau jantung yang seolah panas terbakar.

Biasakan diri untuk tidak minum minuman berkafein seperti kopi, teh atau minuman energi di sore hari. Dengan begitu tidur kalian tak akan terganggu di malam harinya. Jika sudah bisa tidur dengan tepat waktu, kalian akan lebih mudah bangun di pagi hari.

6. Membawa Masalah ke Tempat Tidur

Inilah salah satu penyebab yang diam-diam berpengaruh besar terhadap kualitas tidur. Sebelum tidur, buang semua pikiran tentang masalah pekerjaan, pertengkaran dengan pasangan atau rencana kalian untuk esok hari.

Jika masalah itu terus dipikirkan, tentunya kalian tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Karena setelah tidur, kalian harus segera bangun untuk kembali bekerja atau beraktivitas. Hal ini tentu saja akan membuat kalian lemas dan tak bersemangat di pagi harinya.

Jadi sudah tahu kan apa saja penyebab yang membuat tubuh kalian terasa sakit saat bangun tidur? Lebih baik memperbaiki aktivitas dan kebiasaan sehari-hari untuk mendapat tidur yang berkualitas.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait