WowKeren.com Logo
WowKeren Slogan
WK COMMUNITY
Topik Keren
TAGS

90 Persen Kemunculannya Diabaikan Namun Nyawa Taruhannya, 7 Gejala Kanker Wajib Kamu Pahami

19 May 2017 18:51:35 WIB
Sebagian gejala yang muncul kerap dipikir hanya sakit biasa sehingga tak dikira akan menyebabkan kanker.

WowKeren.com - Kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Tak peduli pria maupun wanita atau tua maupun muda. Sebelum menggawat, kanker biasanya akan menunjukkan beberapa gejalanya. Sayangnya tak semua orang peka dengan serangan kanker.

Pasien dengan tingkat kanker akut baru merasa kesakitan dan ke rumah sakit untuk perawatan. Tahu-tahu stadium sudah meninggi dan sel kanker telah menjalar di seluruh tubuh. Menghindari hal itu, mari mulai sekarang sadar diri dan sering memeriksa gejala-gejala kanker seperti ini:

Kanker Kulit dan Payudara





Neoplasma kulit ini dianggap sebagai gejala kanker kulit atau payudara. Selain itu, beberapa gejala lainnya seperti muncul benjolan di payudara atau ketiak. Tak hanya itu bila tanda lahirmu seakan menyebar, bisa jadi itu gejala kanker.

Yang patut dicurigai adalah perubahan warna kulit. Adanya perubahan warna kulit disebabkan oleh sel kanker yang menyerang pigmen pada kulit. Selain itu, paparan sinar UV secara langsung juga dapat mempengaruhi perubahan warna pada kulit sehingga jika kamu menjumpai ciri perubahan warna kulit menyerupai bercak pada area tertentu, terasa gatal dan nyeri serta berwarna coklat kemerahan.

Kanker Paru-Paru





Wajah bengkak. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan timbulnya bengkak atau iritasi pada wajah. Sel tumor paru-paru yang terkecil sekalipun bisa memblokir aliran darah pada bagian dada, mencegah darah mengalir dengan bebas ke bagian wajah dan kepala.

Siapa saja bisa mengalami batuk, karena penyakit ini wajar dialami oleh banyak orang. Namun batuk bisa akan hilang dalam hitungan hari. Jika batuk terus bertahan lebih dari satu minggu dan seringkali muncul saat udara dingin, sebaiknya waspada. Itu bisa jadi berkaitan dengan penyakit paru-paru atau gejala awal kanker paru-paru.

Kanker Otak





Sakit kepala merupakan ciri-ciri kanker otak yang paling umum. Sebanyak 38 orang dari 50 responden atau sekitar 76 persen mengalami gejala ini. Namun tentu sakit kepala kebanyakan bukan disebabkan oleh kanker otak melainkan sakit kepala umum yang bisa terjadi pada siapa saja.

Penderita kanker otak yang mengalami kehilangan libido dan berkaitan erat dengan kanker otak ini terjadi pada pria. Memang sampai saat ini belum ada penelitian terkait yang menghubungkan antara libido dan mengapa berpengaruh pada penderita tumor otak. Namun banyak yang mengaitkan bahwa otak adalah pusat segalanya sehingga sangat berpengaruh bagi berbagai bagian dan fungsi tubuh. Setidaknya ada 2 persen dari penderita kanker otak yang mengalami hal ini.

Kanker Usus





Kehilangan berat badan drastis tanpa sebab. Kebanyakan wanita bakal melonjak kegirangan bila berat badannya turun drastis. Namun hati-hati, karena hal ini merupakan tanda adanya gangguan pada usus besar dan pencernaan.

Ambeien yang terlalu sering jangan diremehkan karena ini bisa menjadi tanda adanya kanker yang bersarang di usus. Ambeien sendiri adalah sebuah kondisi peradangan atau pembengkakan pembuluh darah pada bagian rektum bawah serta area anus. Tak hanya rasa sakit saja yang bakal dirasakan oleh penderitanya tapi ada rasa malu dan minder juga karena penderita rata-rata bakal sulit hanya untuk duduk.

Kanker Ginjal





Ini bisa menjadi gejala kanker ginjal. Hal ini juga terkait dengan beberapa gejala lain seperti hipertensi dan nyeri pada ginjal. Diketahui juga bahwa gejala dari kanker ginjal tingkat keparahannya melebihi gagal ginjal. Ini karena seluruh tubuh akan ikut menanggung deritanya, jadi tak hanya bagian organ ginjal saja yang merasakan ketidaknyamanan. Gejala utama yang perlu diwaspadai tentu adanya perubahan warna pada urin ketika buang air kecil.

Warna urin pada umumnya adalah bening bila memang sehat dan setiap harinya rutin mengonsumsi banyak air putih. Biasanya warna urin yang keluar adalah kuning. Namun pada kasus gejala kanker ginjal, urin akan berubah warnanya menjadi agak merah muda. Bahkan ada juga yang mengalami warna urin gelap seperti cola yang tandanya bercampur darah dan bahwa kanker memang telah menyerang.

Kanker Perut





Terasa nyeri terus-menerus atau rasa yang tidak nyaman di perut jangan dibiarkan begitu saja. Bila rasa nyerinya menetap lebih dari satu minggu segera periksakan ke dokter. Kondisi itu bisa jadi gejala paling umum dari kanker perut.

Merasa sangat lelah atau lemah meski tidak melakukan pekerjaan fisik yang berat juga gejala umum dari kanker termasuk kanker perut. Kelelahan sering kali dianggap hal biasa di tengah rutinitas sehari-hari.

Kanker Laring





Sakit tenggorokan yang panjang bisa menjadi gejala kanker laring. Hal ini juga terkait dengan kesulitan bernapas dan menelan. Gejala lainnya adalah batuk disertai dengan darah dan bau mulut.

Sekilas terdengar aneh, apa hubungan tenggorokan dengan telinga, yang terkena kanker tenggorokan yang sakit kok telinga. Ternyata hal ini terjadi akibat tersumbatnya saluran yang menghubungkan telinga dalam dengan faring akibat adanya massa tumor pada faring.

Ketika salurannya tersumbat maka tekanan dalam rongga telinga menjadi meningkat, rentan terserang infeksi dan tentu saja akan menimbulkan rasa sakit (sakit telinga). Jadi jangan anggap remeh sakit telinga, bisa jadi itu adalah gejala kanker tenggorokan terlebih jika itu terjadi berlarut-larut.

Gejala-gejala di atas kebanyakan terjadi pada orang biasa dan memang bukan sakit parah. Namun kini siapapun harus waspada dengan gejala tersebut apalagi di dalam keluarga memiliki riwayat kanker. (wk/kr)

Berita Unik Menarik terkait :
Tak Perlu ke Rumah Sakit, 6 Tes Kesehatan Sederhana Ini Bisa Kamu Lakukan Sendiri
Ini 10 Cara Mudah Deteksi Kebohongan yang Wajib Kamu Tahu
Waspada! Ini 8 Tanda Awal Penyakit Kanker yang Sering Diabaikan
Menunjang Penampilan, Simak 4 Alasan Bra Ternyata Tak Baik untuk Kesehatan Payudara

BERITA : Seleb | Korea | Film | TV | Musik | Olahraga | Umum | RSS | WK on Twitter | WK on Facebook | Mobile Version
Tentang Kami | Kontak | Job Vacancy | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan    © 2017 Copyright MEDIA INFO. All Rights Reserved.