Pemula Wajib Tahu, Ini 7 Tips Investasi Aman Menggunakan Kripto
Pexels/Roger Brown
SerbaSerbi

Berinvestasi menggunakan mata uang kripto bisa menjadi sangat menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Oleh sebab itu, simak tips amannya berikut ini sebelum mulai berinvestasi.

WowKeren - Investasi menggunakan mata uang kripto jadi salah satu hal yang menarik bagi para investor bernyali tinggi. Jika paham strategi dan aturan mainnya, mereka bisa mendapat keuntungan dalam jumlah besar.

Seiring dengan hal ini, ada semakin banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi menggunakan mata uang kripto. Jika kamu kebetulan memiliki minat yang sama, sebaiknya jangan asal berinvestasi. Sebab kamu akan rugi besar jika salah langkah sedikit saja.


Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya pahami terlebih dahulu hal-hal apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan saat investasi dengan mata uang kripto. Setelah paham benar ilmunya, kamu bisa menyusun strategi jitu agar bisa untung banyak.

Sehubungan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips aman investasi dengan mata uang kripto. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel WowKeren berikut ini.

(wk/eval)

1. Gali Ilmu tentang Strategi Investasi Kripto


Gali Ilmu tentang Strategi Investasi Kripto
Pexels/Alesia Kozik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penting untuk memahami dasar-dasar investasi sebelum terjun langsung ke lapangan. Lakukan riset melalui sumber-sumber terpercaya demi menghindari penipuan investasi dan fear of missing out (FOMO).

Lakukan juga pemeriksaan latar belakang terhadap aset dan platform yang akan digunakan untuk berinvestasi. Dan yang tak kalah penting, pastikan untuk mempelajari perkembangan dunia demi meminimalisir kerugian.

2. Mulai dengan Nominal Kecil


Mulai dengan Nominal Kecil
Pexels/RODNAE Productions

Jika kamu adalah seorang pemula di dunia investasi, pastikan untuk memulai dengan nomimal kecil. Perlu dipahami bahwa berinvestasi terlalu banyak dalam satu cryptocurrency memiliki risiko yang lebih besar pula.

Kamu juga harus menyiapkan rencana investasi dengan matang dan mengalokasikan sumber dana dengan sebijak mungkin. Lebih baik menggunakan uang dingin atau dana yang memang ditujukan untuk investasi, bukan dana darurat yang sifatnya untuk memenuhi kebutuhan.

3. Buat Investasi Jangka Panjang


Buat Investasi Jangka Panjang
Pexels/Karolina Grabowska

Investor pemula kerap menjadi korban penipuan karena minimnya pengalaman. Mereka cenderung tertipu untuk melakukan panic buying saat harga sedang rendah. Untuk menghindari hal ini, pertimbangkan rencana investasi kripto dalam jangka panjang.

Sebaiknya hindari pemikiran ingin fokus mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu cepat. Lakukan pendekatan jangka panjang dengan berpikir bahwa setiap aset yang kamu miliki saat ini akan bertahan selama beberapa tahun ke depan.

4. Lakukan Strategi Buy the Dip Ketika Harga Turun


Lakukan Strategi Buy the Dip Ketika Harga Turun
Pexels/Ivan Babydov

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penurunan harga kripto bisa menyebabkan panic buying, yang jika tidak dilakukan dengan benar bisa berpotensi menyebabkan kerugian. Kendati demikian, sebagian orang akan mengambil keuntungan dari harga terendah sebagai titik masuk yang baik di market bearish.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk melakukan strategi buy the dip ketika harga kripto sedang turun. Meski strategi ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ketika harga kembali pulih, sebaiknya tetap berhati-hati, gunakan uang dingin, memilih aset kripto dengan fundamental yang bagus dan tetap berpegangan pada rencana investasi yang telah dibuat.

5. Berinvestasi di Stablecoin


Berinvestasi di Stablecoin
Pexels/Anna Nekrashevich

Saat pasar kripto terus tertekan dan mengalami bearish (melemah), diperlukan strategi jitu agar bisa menghindari kerugian. Salah satunya dengan berinvestasi di stablecoin, yang masih menjadi portofolio yang aman dalam situasi tersebut.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di stablecoin, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu karena kamu akan menemui sejumlah jenis dengan dukungan aset yang berbeda. Ada yang didukung dengan uang fiat, aset kripto hingga komoditi, yang kesemuanya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

6. Atur Pembelian Otomatis


Atur Pembelian Otomatis
Pexels/RODNAE Productions

Tips investasi kripto lainnya yang bisa kamu ikuti adalah mengatur pembelian otomatis. Dalam sebagian besar mata uang kripto seperti Coinbase dan Gemini, para investor berpotensi melakukan pembelian berulang.

Keuntungan lain dari mengatur pembelian otomatis adalah dapat menghilangkan stres saat memantau pasar kripto. Sebab mengatur waktu pasar dengan membeli mata uang sambil mempertimbangkan harga jual dan beli menjadi tantangan yang cukup sulit bagi para investor, termasuk mereka yang sudah profesional.

7. Perhatikan Penggunaan Bot


Perhatikan Penggunaan Bot
Pexels/Alesia Kozik

Penggunaan bot perdagangan sangat berguna dalam beberapa kondisi, sehingga bisa membantumu saat berinvestasi dengan mata uang kripto. Namun jika kamu adalah seorang pemula, sebaiknya hindari fitur ini karena rentan terjadi penipuan.

Demikian beberapa tips dasar dalam investasi menggunakan mata uang kripto. Setelah memahami ilmu-ilmunya, pastikan untuk selalu berhati-hati saat berinvestasi ya. Good luck!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait