HYBE Diprotes soal Wacana Rilis Photocard I'LL-IT Berkonsep Ramah Lingkungan
X/ILLITINA
Musik

I'LL-IT akan menjadi grup pertama di HYBE yang photocard-nya dirilis dengan konsep ramah lingkungan. Nantinya photocard tersebut akan dibuat dari bahan yang mudah larut dalam air.

WowKeren - HYBE membuat gebrakan baru dengan rencana akan merilis photocard yang bisa larut dalam air. Rencana ini akan dijalankan untuk pertama kali lewat comebak I'LL-IT pada tanggal 25 Maret mendatang. Sayangnya, ide cemerlang ini justru mendapat cibiran dari netizen.

Belum lama ini, HYBE kabarnya akan meluncurkan mini album pertama I'LL-IT yang bertajuk "SUPER REAL ME" dari bahan yang dapat didaur ulang. Wacana ini merupakan lanjutan dari Weverse Album Version mereka yang sudah ada sejak beberapa tahun terakhir. Versi Weverse berisi kode QR untuk mendengarkan trek, bukan CD plastik. Fans juga dapat melihat konten lainnya, seperti foto secara digital.

Untuk album I'LL-IT mendatang, HYBE akan menggunakan versi terbaru dari Weverse Album Version. Semua kemasan dan inklusi akan dibuat dari bahan ramah lingkungan. Bungkus plastik albumnya akan terbuat dari tepung maizena yang dapat terurai secara alami.

Tidak hanya itu, casing kertas dan kartu foto akan dibuat dari lapisan khusus yang dapat meleleh dengan baik di dalam air. Bahkan kartu QR yang dulunya terbuat dari plastik nantinya akan dibuat dari kertas. Semua tintanya terbuat dari minyak kacang.


HYBE Diprotes soal Wacana Rilis Photocard I\'LL-IT Berkonsep Ramah Lingkungan

Contoh Photocard yang Larut Dalam Air

Usut punya usut, wacana ini juga akan dilakukan untuk album mendatang grup lainnya. Bukan tanpa alasan HYBE menggaungkan wacana ini. Menurut The Korea Times, penggunaan plastik untuk album K-Pop telah meningkat 14 kali lipat selama 6 tahun terakhir. Itu sebabnya, HYBE mencoba mengatasi hal ini dengan mencanangkan rencana tersebut.

Dengan semakin terkenalnya K-Pop secara global, semakin banyak pula album yang dibeli. Seiring dengan tingginya batas waktu untuk fansign dan sejenisnya, banyak album yang terbuang percuma. Penggemar membeli album dalam jumlah besar untuk mendapat kesempatan bertemu idola mereka, lalu membuangnya dengan cara yang tidak tepat.

Selain itu, sifat penyertaan photocard yang acak menyebabkan pembelian berlebihan. Hal ini menimbulkan banyak kritik terhadap K-Pop. Sayangnya, wacana HYBE yang berniat meluncurkan photocard dengan konsep ramah lingkungan ini juga tak melulu mendapat respons positif dari netizen.

"Bukankah orang-orang membelinya (album) untuk photocard? Masalahnya ada di album, jadi buat apa melarutkan photocardnya?" komentar netter. "Kami meminta kalian untuk mengurangi jumlah versi saja," sahut yang lain. "Singkirkan saja sistem acak untuk penyertaan," kritik lainnya.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait