Burung Nuri Bisa Bahasa Inggris dan Urdu
Nasional

Burung nuri Afrika berwarna abu-abu itu fasih mengucapkan "asalaamualaikum" dan "bismillah".

WowKeren - Seekor burung nuri atau beo Afrika yang berwarna abu-abu memiliki tingkat kecerdasan hampir seperti manusia. Burung bernama Mittu itu menguasai dua bahasa sekaligus, yaitu Inggris dan Urdu.

Mittu yang tinggal dengan keluarga beragama Muslim itu fasih mengucapkan salam dalam bahasa Arab. Ia mampu berucap "assalammualaikum" dan "bismillah".

"Selain bisa bahasa Urdu dan Inggris, dia juga bisa menggonggong seperti anjing," kata sang pemilik, Ghaffar Ahmed. "Mittu juga bisa menirukan suara alarm kulkas dan suka membuat segala macam suara."

Mittu tinggal di rumah keluarga Ahmaed di Stourbridge, West Midlands, Inggris. Dalam sebuah studi tahun ini terungkap burung nuri abu-abu Afrika itu memang cerdas. Kecerdasannya setara dengan anak umur empat tahun. Menurut Ahmed, ia tidak yakin jika ada banyak burung nuri yang bisa menguasai dua bahasa di Inggris.



Ahmed mendapatkan Mittu dari keluarga mertuannya yang tinggal di Bradford, Inggris. Ketika itu adiknya ingin Mittu mendapatkan rumah yang berbahasa sama. Ahmed dan istrinya, Shabana menerima Mittu untuk dipelihara di rumah mereka.

Awal memelihara Mittu ternyata tidak mudah. Burung kakaktua itu sempat kabur sehingga membuat Ahmed beserta istri dan putrinya Susan Lane kelabakan mencarinya. Susan mencoba mencari bantuan lewat Internet dan usahanya berhasil. "Ketika kami bertemu, Mittu langsung mendekati dan mencium wajah saya," kata Ahmed.

Berikut gambar Mittu bersama Ghaffar Ahmed:

(wk/)


You can share this post!


Related Posts