Apple Akan Susul Buka Retail Store Resmi di Indonesia
SerbaSerbi

Saat ini Apple akan lebih dulu membuka toko penjualan online meski ijin membuka toko retail sudah disetujui BKPM.

WowKeren - Kabar baik para penggemar Apple di Indonesia karena sebentar lagi tak perlu jauh-jauh berburu gadget Apple. Apple Inc akan berinvestasi di Indonesia dengan membuka toko retail mereka. Hal ini diungkapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

BKPM mengatakan Apple mengajukan ijin membuka toko penjualan online lebih dulu. Setelah itu Apple baru akan membuka Apple Store di Jakarta. Toko retail resmi Apple di Indonesia ini nantinya akan menjadi yang ke-4 di Asia setelah Shanghai, Hong Kong dan Tokyo.

"Apple itu tokonya di Asia hanya ada 3: Shanghai, Hong Kong, Tokyo. Sekarang mereka lihat, sudah masukin dan sudah di-approve. Masih tahap awal tapi sudah lebih komit daripada hanya ngobrol-ngobrol," ucap Chatib Basri di acara Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan IV dan Semester II 2012, di Gedung BKPM, Jakarta, Selasa (22/1). "Nanti lokasinya di Jakarta. Mudah-mudahan tahun ini."


Investasi Apple di Indonesia ini diprediksi mencapai USD 3 juta (Rp 28,5 miliar). Menurut Chatib, jika Apple ingin menjadi peretail dan membuka toko fisik di Indonesia harus membangun lantai penjualan seluas lebih dari 2 ribu meter persegi. "Kalau izinnya sudah di-approve jadi perusahaan bisa mulai investasi. Soal kapan waktunya, itu terserah Apple," ucapnya.

Hinggga kini Apple hanya memasarkan produknya di Indonesia melalui authorized distributor (distributor resmi). Sedangkan pada 4 Desember 2012 Apple telah membuka toko konten multimedia digital iTunes Store di Indonesia. Sementara itu rencana pembangunan pabrik Foxconn masih ditunda karena tidak tercapai kesepakatan dengan pemerintah.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel