Jerman Akhirnya Hapus Kata 63 Huruf dari Penggunaan Nasional
Nasional

Kata yang bermakna hukum pengaturan tentang pemeriksaan daging sapi itu dihapus menyusul Uni Eropa tidak memerlukan tes tersebu.

WowKeren - Rupanya setiap negara memiliki kata tertentu yang dianggap merepotkan dan lebih baik dihapus. Hal tersebut juga dialami warga Jerman yang kini bisa bernafas lega. Pasalnya, pemerintah baru saja menghapus penggunaan kata terpanjang yang mereka miliki.

Penghapusan kata susunan dari 63 huruf itu memang yang paling panjang pernah dimiliki bahasa Jerman. Kata itu adalah Rindfleischetikettierungsuberwachungsaufgabenubertragungsgesetz yang merupakan hukum pengaturan tentang pemeriksaan daging sapi. Penghapusan itu sendiri ditunjang oleh keputusan Uni Eropa untuk tidak memerlukan lagi tes untuk kesehatan hewan ternak.

Jerman terkenal memiliki kata majemuk panjang yang secara bertahap dipangkas menjadi singkatan ketika digunakan luas. Ahli linguistik Profesor Anatol Stefanowitsch mengatakan kata 63 huruf itu merupakan kata terpanjang yang otentik dalam bahasa Jerman. Namun kata itu tidak masuk dalam kamus nasional Jerman yang dihitung dari frekuensi pemakaian.


Kata terdiri 36 huruf yang masuk dalam kamus nasional Jerman adalah Kraftfahrzeug-Haftpflichtversicherung. Kata itu memiliki makna asuransi kendaraan bermotor. Kata resmi nasional yang tercatat paling panjang di dunia adalah 79 huruf yang juga milik Jerman.

Sedangkan kata bahasa Inggris terpanjang yang masuk kamus Oxford adalah terdiri dari 45 huruf. Kata itu adalah pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis. Itu merupakan istilah medis dari penyakit paru-paru yang disebabkan oleh menghirup abu yang sangat halus dan pasir debu.

(wk/)

You can share this post!