China Akan Jadikan Kota di Bawah Air untuk Wisata Selam
Nasional

Pemerintah China menenggelamkan kota Shi Cheng untuk membangun danau buatan pembangkit listrik air pada 1959.

WowKeren - Sebuah tempat bersejarah baru saja dibuka di China. Menariknya, tempat yang diklaim sebagai sebuah kota ini berdiri kokoh di dasar danau Qiandao, China.

Kota yang bernama Shi Cheng mulanya terletak di provinsi timur Shanghai, China. Kota ini berdiri sejak 1300 tahun yang lalu dan berisi berbagai istana, patung-patung tradisional China, menara, 6 jalan utama dan 62 petak lapangan.

Namun di tahun 1959, pemerintah China memutuskan untuk menenggelamkan kota ini dan menggusur 290 ribu penduduk. Alasan di balik penutupan kota ini adalah untuk pembangunan danau buatan yang akan digunakan pembangkit listrik tenaga air. Meski begitu hingga kini kota tersebut masih tetap berdiri kuat di dasar danau Qiandao.


Kini pemerintah China berencana untuk membuka kembali kota Shi Cheng dengan tujuan sebagai tempat wisata selam. Sebuah tim kemudian dikirim langsung untuk menjelajah ke dalam danau dan membuktikan keberadaan kota Shi Cheng.

"Kami beruntung bisa ikut menyelam ke danau," ujar salah satu tim. "Kami menemukan dinding luar kota bahkan mengambil sebuah batu bata untuk membuktikannya."

Kota Shi Cheng bukan satu-satunya tempat di bawah air yang berhasil diekspos kembali. Sebelumnya negara lain telah menggali keajaiban bawah air yang telah hilang seperti Alexandria di Mesir, Kwan Phayao di Thailand dan Teluk Cambay di India.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel