Uniknya Ayam Serama yang Mungil di Malaysia
Nasional

Serama merupakan salah satu ayam terkecil di dunia dengan yang dewasa hanya seberat 500 gram.

WowKeren - Di Malaysia terdapat jenis ayam yang unik karena bentuk badannya yang seperti hanya separuh. Ayam Serama ini memiliki dada sangat membusung seperti bentuk hati dan ekor langsung tepat di belakang kepala.

Serama merupakan salah satu ayam terkecil di dunia dengan yang dewasa hanya seberat 500 gram. Menurut ahli, ada 250 ribu Serama di Malaysia dan sudah menjadi favorit sejak beberapa dekade lalu. Namun banyak orang Malaysia yang makan ayam Serama karena percaya dapat menyembuhkan asma.

Serama diyakini merupakan hasil kawin silang ayam liar Malaysia dan ayam Jepang. Kemunculan pertama kali pada era 80-an sebagai hewan pajangan untuk Sultan. Sedangkan keyakinan lainnya percaya Serama aslinya pemberian dari Raja Thailand pada Sultan Malaysia.


Kini di Kuala Lumpur pun digelar kontes kecantikan ayam Serama dengan hadiah hingga Rp 119 juta. Kali ini pemenangnya adalah Serama milik Mohamad Hatta. "Banyak orang yang ingin membelinya tapi aku tak menjualnya. Dia bagian dari keluargaku," ucap Hatta.

Karena keunikan bentuknya itu, Serama banyak menarik minat penggemar unggas di luar negeri. Ahmad Fauzi Mohamed, Ketua Asosiasi Serama, mengatakan klub Serama sudah ada di Amerika, Kanada, Belgia, Belanda dan lainnya. "Unggas kecil ini menyenangkan untuk dimiliki karena hangat dan jinak untuk dipegang, cocok jadi peliharaan rumah," ujar Norzamini Tukiban, kepala cabang asosiasi Serama di Malaysia.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru