Jokowi Resmi Jadi Presiden Indonesia Periode 2014-2019
Nasional

Sekitar pukul 10:25 Joko Widodo mengucapkan sumpah berisi janji presiden dan resmi menjadi presiden ke-7 RI dengan wakil Jusuf Kalla.

WowKeren - Bangsa Indonesia resmi memasuki masa pemerintahan baru. Joko Widodo atau yang biasa dikenal dengan Jokowi telah resmi dilantik menjadi Presiden RI periode 2014-2019 oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Senin (20/10).

Sekitar pukul 10:25 WIB, Jokowi mengucapkan sumpah berisi janji presiden. Pengambilan sumpah dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali. 5 menit berselang, giliran Jusuf Kalla yang mengucapkan sumpah sebagai wakil presiden.

Usai mengucapkan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara pelantikan, Jokowi pun resmi menjadi Presiden RI ke-7. Mantan gubernur DKI Jakarta ini lantas bertukar tempat duduk dengan presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Jika sebelumnya SBY duduk di sebelah kanan Jokowi, kini mantan presiden tersebut duduk di sebelah kiri Jokowi.


Prosesi pelantikan berjalan dengan khidmat. Para tamu undangan yang hadir di Ruang Sidang Paripurna I, Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, memberikan tepuk tangan riuh saat SBY dan presiden Jokowi bertukar tempat duduk dan berpelukan.

Momentum bersejarah tersebut turut dihadiri oleh mantan presiden Megawati Soekarnoputri dan BJ Habibie. Tak hanya Megawati dan Habibie, rival Jokowi-JK dalam pemilu presiden Juli lalu, Prabowo-Hatta, juga turut hadir.

(wk/)

You can share this post!