Wah, Desa Ini Tidak Punya Pintu
Nasional

Seluruh bangunan di desa Shani Shingnapur, wilayah barat India, tidak memiliki pintu sama sekali.

WowKeren - Percaya atau tidak, Anda tidak akan menemukan pintu di sebuah desa di wilayah barat India. Pasalnya, hampir seluruh bangunan di desa Shani Shingnapur baik rumah, sekolah, bank, dan bahkan toilet umum tidak memiliki pintu sama sekali.

Rupanya hal ini bermula dari keyakinan warganya kepada Dewa Shani, dewa umat Hindu yang bertugas sebagai pelindung. Menurut legenda, Dewa Shani muncul dalam mimpi kepala desa dan mengatakan agar warga tidak perlu memasang pintu. Karena dewa akan selalu melindungi mereka dari segala macam bahaya.

"Kekuatan Shani sangat besar, jadi jika ada orang yang mencuri maka pencuri itu akan mendadak linglung," kata Balasaheb Borude. "Ia akan merasa terus berjalan sepanjang malam dan berpikir telah meninggalkan desa. Namun saat matahari muncul, si pencuri akan sadar kalau dia hanya berjalan di tempat."

Sejumlah warga desa mengatakan bahwa mereka menempatkan beberapa palang besi di malam hari untuk menghindari serangan hewan buas. Sementara itu, mayoritas warga di desa Shani Shingnapur umumnya mencari rezeki dengan cara menjual suvenir di pinggir jalan dan bunga untuk ibadah kepada para turis.


Hingga saat ini, populasi penduduk desa Shani Shingnapur mencapai sekitar 5 ribu jiwa. Tak ayal, keunikan desa tersebut pun mengundang ketertarikan banyak wisatawan.

"Dunia harus tahu ada sebuah tempat bernama Shani Shingnapur, desa yang rumah-rumahnya tidak berpintu, ada pohon-pohon tanpa bayangan, dan ada dewa-dewa tanpa candi," ujar Sayaram Bankar, warga Shani Shingnapur. "Orang-orang dari penjuru India banyak yang datang ingin melihat desa yang tidak biasa itu."

Inilah video desa tanpa pintu di India:

(wk/)

You can share this post!