Daebak, Wanita Ini Bisa Temukan Penyakit Parkinson dengan Penciuman
SerbaSerbi

Para ilmuwan di Skotlandia belum lama ini menemukan bahwa Joy dapat mendeteksi penyakit Parkinson hanya dengan mengendusnya.

WowKeren - Joy Milne adalah wanita dengan indra penciuman luar biasa. Para ilmuwan di Skotlandia belum lama ini menemukan bahwa Joy dapat mendeteksi penyakit Parkinson hanya dengan mengendusnya.

"Aku selalu bisa mencium bau yang orang lain tak bisa," kata wanita 65 tahun itu. Namun kemampuannya menjadi menakjubkan ketika dia bisa membedakan bau suaminya, Les, yang mulai berbau aneh karena penyakit ini.

"Baunya berubah dan ini cukup sulit dideskripsikan," lanjutnya. "Itu terjadi tiba-tiba, sangat lembut, sebuah bau rusa yang kuat. Aku kadang mendapat bau di saat-saat tertentu."


Joy tidak tahu apa yang dia baui hingga dia mendatangi sebuah pertemuan untuk amal Parkinson di Inggris. Di sana ia menemukan bahwa para penderita memiliki bau yang sama, lalu dia membuat korelasi. Saat dia menjelaskan kemampuannya, beberapa ilmuwan memutuskan untuk menyelidikinya.

University Edinburgh akhirnya meneliti kemampuan Joy dengan memintanya membedakan 6 kaos yang dipakai seharian oleh orang sehat dan penderita Parkinson. Diagnosanya hampir akurat karena Joy berhasil menebak dengan benar 11 dari 12 kaos yang diujikan.

Kemampuan ini tentu sangat menakjubkan bagi perkembangan penelitian Penyakit Parkinson yang memang sulit didiagnosa. Universitas Manchester dan London kini mengerjakan cara baru untuk mendeteksi Parkinson berkat kemampuan Joy.

(wk/)

You can share this post!