Status Gunung Bromo Siaga, Daerah Sekitar Kaldera Ditutup
SerbaSerbi

Menurut Ayu, satu-satunya pintu masuk yang dibuka hanya melalui Wonokitri, Pasuruan.

WowKeren - Status Gunung Bromo hari ini, Jumat (4/12) telah naik dari waspada menjadi siaga sejak pukul 14.00 WIB. Hal ini didasarkan dari pengamatan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) pusat melalui pos pantau di Cemoro Lawang, Probolinggo, Jawa Timur.

Menurut petugas pos pantau, Subhan, secara visual ketinggian asap kelabu tipis mendatar tebal dan semburan asap dari kawah Gunung Bromo disertai material agak kasar. Jarak aman yang diberikan bagi wisatawan adalah 2,5 km.


Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utari, hal ini menyebabkan daerah sekitar kaldera, termasuk lautan pasir, kawah dan savana ditutup dari semua kegiatan wisata. Sementara itu, pengunjung masih bisa menikmati sunrise dari Gunung Penanjakan, Bukit Setya dan Bukit Cinta.

Dia juga menambahkan jika pintu masuk ke Penanjakan yang dari Probolinggo dan Malang pun harus ditutup karena harus melewati lautan pasir. Satu-satunya pintu masuk yang dibuka hanya melalui Wonokitri, Pasuruan.

(wk/)

You can share this post!