Menangis, Sukmawati Akhirnya Minta Maaf Soal Puisi 'Ibu Indonesia'
Nasional

Begini permintaan maaf Sukmawati Soekarnoputri yang sempat menuai kritikan...

WowKeren - Belakangan nama Sukmawati Soekarnoputri menjadi hot topik di Tanah Air. Ia dianggap telah melecehkan agama Islam lewat puisi "Ibu Indonesia" yang disampaikan di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 akhir pekan lalu.

Sukmawati membandingkan suara adzan dengan kidung dalam puisi tersebut. Ia juga sempat menyebut konde lebih indah dari cadar. Hal ini yang kemudian membuat publik heboh dan menganggap Sukmawati telah melecehkan agama Islam.


Sadar puisinya menimbulkan reaksi keras di masyarakat, Sukmawati pun akhirnya meminta maaf. "Saya mewakili pribadi tidak ada niat menghina umat Islam Indonesia dengan puisi 'Ibu Indonesia'. Saya adalah muslimah yang bersyukur dan bangga akan ke-Islaman saya," kata Sukmawati sambil menangis di konferensi pers di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (4/4).

"Saya putri seorang proklamator, Bung Karno, yang dikenal juga sebagai tokoh Muhammadiyah dan tokoh yang mendapatkan gelar dari Nahdatul Ulama sebagai waliyyul amri addalaruri bissyaukah," lanjutnya. "Pemimpin pemerintahan di masa darurat yang kebijakan-kebijakannya mengikat secara de facto dengan kekuasan penuh."

Lebih lanjut, Sukmawati menjelaskan bahwa puisi "Ibu Indonesia" sebenarnya sudah lama dibuat olehnya. Puisi tersebut merupakan bagian dari buku Kumpulan Puisi Ibu Indonesia yang telah diterbitkan pada tahun 2006 silam.

Sukmawati juga menjelaskan bahwa puisi itu dibuat untuk menarik generasi muda Indonesia. "Puisi 'Ibu Indonesia' ini ditulis sebagai refleksi dari keprihatinan saya tentang rasa wawasan kebangsaan yang saya rangkum semata-mata untuk menarik perhatian anak-anak bangsa untuk tidak melupakan jati diri Indonesia asli," pungkasnya.

You can share this post!

Related Posts