Album 'DAMN.' Raih Pulitzer Prize, Kendrick Lamar Sukses Cetak Sejarah
Musik

Kendrick tercatat sebagai rapper pertama yang mendapatkan penghargaan Pulitzer Prize untuk kategori musik.

WowKeren - Kendrick Lamar dinobatkan sebagai peraih penghargaan Pulitzer Prize untuk kategori musik atas albumnya, "John Adams". Ini merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat. Penghargaan ini juga diberikan untuk pencapaian dalam bidang sastra dan gubahan musik.

Kendrick sendiri tercatat sebagai rapper pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut. Bahkan berkat penghargaan ini, musisi berusia 30 tahun itu resmi bergabung dengan sejumlah komposer ternama Amerika yang lain, seperti Aaron Copland, Charles Ives dan John Adams.


Dilansir Aceshowbiz pada Selasa (17/4), juri Pulitzer Prize mengungkapkan bahwa album "DAMN." berisi lagu-lagu vituosic (memiliki keunggulan tinggi) yang disatukan oleh musik populer dan dinamisasi irama. Lagu-lagu tersebut berhasil memberikan dampak atas penggambaran kompleksitas kehidupan masyarakat Afrika-Amerika.

"DAMN." sendiri dirilis oleh Kendrick pada 14 April 2017 dan memang berfokus mengisahkan kembali konflik ras di Amerika. Album ini juga mengangkat cerita mengenai perlakuan rasis polisi terhadap warga kulit hitam di Amerika.

Namun sebagian besar lagu-lagu dalam "DAMN." lebih menggambarkan instrospeksi dan masalah personal. Salah satunya adalah lagu "HUMBLE" yang menceritakan tentang jebakan popularitas.

"DAMN." sendiri menerima pengakuan dari berbagai kritikus musik dan menduduki banyak tangga lagu di Amerika Serikat serta Kanada. Album ini memulai debutnya pada posisi pertama di chart Billboard 200 dengan penjualan sebanyak 603 ribu unit. Atas pencapaian ini, "DAMN." juga disertifikasi double platinum oleh RIAA.

You can share this post!

Related Posts
Loading...