Pemerintah Tambah Cuti Bersama Lebaran Hingga 3 Hari, Netter Pro dan Kontra
Nasional

Pemerintah memutuskan penambahan tiga hari untuk cuti lebaran, namun beberapa masyarakat kurang menyetujuinya.

WowKeren - Pada Rabu (18/4) kemarin, pemerintah telah menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait keputusan jadwal cuti bersama Idul Fitri 1439 di Kantor Kementerian Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). SKB tersebut ditandatangi oleh Menteri Agama (Lukman Hakim Saifuddin), Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Hanif Dakhiri), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Asman Abnur).

Dalam Kesempatan tersebut, hadir juga Menteri Koordinasi PMK (Puan Maharani) dan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi). Puan juga menjelaskan bahwa keputusan pemerintah tersebut berdasarkan arus mudik lebaran. Mengingat setiap momen lebaran, kemacetan menjadi salah satu kendala dalam arus lalu lintas.

"Penetapan cuti awalnya 13-19 Juni 2018. Pada kesempatan ini, pemerintah menambah dua hari cuti bersama sebelum lebaran, yaitu 11 dan 12 Juni, dan menambah satu hari sesudah lebaran Idul Fitri, yaitu 20 Juni 2018," kata Puan dilansir di laman resmi kemenag.go.id pada Kamis (19/4). "Tujuan penambahan cuti ini salah satunya adalah untuk mengurai arus mudik yang biasanya berimbas pada kemacetan parah menjelang Lebaran karena waktu cuti yang pendek."

Sementara itu, Budi juga menyetujui dengan baik keputusan pemerintah ini. Ia berpendapat bahwa penambahan ini akan berdampak berkurangnya kemacetan arus lalu lintas.

"Sehingga kami dan Polri bisa mengatur arus itu dengan lebih baik," kata Budi. "Dan, bisa memberikan kegembiraan ke masyarakat."

Keputusan pemerintah tersebut juga diposting melalui akun Twitter Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, @kemendagri_RI. Sayangnya, keputusan pemerintah tersebut mendapat reaksi berbeda dengan beberapa masyarakat.

Ada yang menyetujui keputusan ini dan ada pula yang merasa keberatan. Mereka menyayangkan jika keputusan pemerintah menambahkan waktu cuti bersama akan berdampak pada pegawai swasta. Terbukti dari banyaknya komentar di postingan tersebut.

"Mantap sekali ...ini," komentar akun @Wahyudi***. "Betul betull itu yang pling dtunggu," sahut akun @saidula***.

"Kalo perusahaan tidak mengindahkan ini gimana? malah 3 hari itu itunganya tetep masuk karna ganti hari di hari libur lainnya?" komentar akun @oneaziz***. "Sebenarnya ada benarnya juga sih,karena setiap tahun cuti seharusnya 12 hari utuh terpaksa dikurangi ini itu jadi tinggal 6 hari.Coba bayangkan kallo hak cuti dipotong2 gimana maw nikmati hari libur.Tolonglah khusus karyawan swaata," sahut akun @Robert***.

Loading...

You can share this post!

Related Posts