Gempa Berkekuatan 6,2 SR Kembali Mengguncang NTB
Nasional

Gempa bumi kembali terjadi di kawasan NTB tepat pada Kamis (9/8). Netter pun kembali memanjatkan doa bersama di media sosial.

WowKeren - Pada Minggu (5/8) lalu, wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengalami gempa. Beberapa daerah seperti Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, dan Kota Mataram terkena dampak gempa paling parah.

Masyarakat pun diminta untuk tetap waspada. Sebab, gempa bisa saja datang lagi. Untuk sementara, sebagian besar masyarakat telah mengungsi di tempat yang lebih aman.

Belum usai ketegangan tersebut, kini NTB kembali diguncang gempa. Tepat pukul 12.25 WIB, Kamis (9/8), gempa terjadi. Badan Meterologi, Kimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah membenarkan hal itu.

Melalui akun resmi twitternya, BMKG memberitahukan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 12 km. Selain itu, gempa juga berkekuatan 6,2 SR tidak berpotensi tsunami.

"TELAH TERJADI GEMPA BUMI DENGAN PARAMETER SEMENTARA SEBAGAI BERIKUT: Kekuatan : 6.2, SR Tanggal: 09-Aug-2018, Waktu Gempa: 12:25:32 WIB, Lintang: 8.36 LS, Bujur: 116.22 BT, Kedalaman: 12 Km," tulis BMKG di twitter. "Lokasi: Sumbawa Region, Indonesia."

Selain itu, BMKG juga menambahkan keterangan jarak antara pusat gempa dengan beberapa wilayah. Diketahui jarang paling dekat yakni Lombok Utara, sedangkan Jakarta 1071 km.


"Keterangan: 6 km BaratLaut LOMBOKUTARA-NTB, 27 km TimurLaut MATARAM-NTB, 33 km TimurLaut LOMBOKBARAT-NTB, 37 km BaratLaut LOMBOKTENGAH-NTB, 1071 km Tenggara JAKARTA-INDONESIA," lanjut pihak BMKG. "Informasi Tsunami: Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI."

Hal itu langsung ditanggapi oleh netter. Beberapa dari mereka juga merasakan adanya gempa bumi yang terjadi di NTB tersebut. Netter berharap Lombok dan sekitarnya bisa segera kembali normal.

"PANTES KERASA BANGET DI BALI," tulis akun @gitwnd**. "Bahkan saya yanga da di Banyuwangi pun ikut merasakan guncangannya,walau enggak terlalu besar but still, cukup bikin saya dan keluarga kaget. Stay safe sodara2ku di Lombok dan sekitarnya,"komentar akun @tatatia**. "Kuta kerasa banget, dan enggak ada yg berani masuk gedung kerja lagi. Hati2 dg aftershocks semuanya...stay safe. Jangan masuk gedung2 dulu," ujar akun @ilmari****.

Tak hanya memberikan komentar perihal gempa, justru beberapa netter fokus pada lambatnya infomasi yang diberikan oleh BMKG. Sebagian netter mengeluhkan kerja BMKG yang dinilai lambat.

"BMKG kalau ga bisa prediksi bilang aja ga bisa prediksi, jangan berusaha menenangkan tapi malah membahayakan warga masyarakat. Gara-gara pengumuman sudah aman banyak yang sudah pulang ke rumah tapi shock berat lagi karena guncangan besar," protes akun @eri****25. "Tolong lebih cepat infonya. terutama berkaitan dengan episenter yg berhubungan dngan potensi tsunami. kami yg di pesisir butuh info lebih cepat," tambah akun @Raharjo****.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru