Petugas ATC Bandara yang Jadi Korban Gempa Tsunami Palu Dapat Gelar Pahlawan
Twitter/AirNav_Official
Nasional

Anthonius meninggal usai memilih tetap bertahan di menara penerbangan untuk memandu navigasi pesawat terbang saat gempa terjadi.

WowKeren - Banyak kejadian penuh haru yang terjadi pada saat gempa dan tsunami melanda Donggala dan Palu pada Jumat (28/9) kemarin. Seorang pilot Batik Air membagikan ceritanya mengenai saat-saat menegangkan ketika ia harus menerbangkan pesawat hanya beberapa detik saja sebelum gempa. Diketahui, ia seperti mendapatkan keajaiban lantaran memutuskan untuk lepas landas beberapa saat lebih awal.

Akan tetapi, di balik aksi heroik tersebut terdapat kisah heroik lain yang mengundang air mata. Diketahui, petugas Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Anthonius Gunawan Agung, meninggal dunia usai memutuskan tetap memandu pesawat di menara saat terjadi gempa.

Sesaat sebelum gempa terjadi, Anthonius sedang melaksanakan tugasnya memberikan arahan kepada penerbangan Batik Air yang dipimpin Captain Mafella dari dalam tower ATC. Usai memastikan pesawat lepas landas dengan aman, Anthonius baru meninggalkan cabin tower ATC. Nahas, ia harus meninggal dunia setelah itu.


Menghargai aksi heroik Anthonius tersebut, pemerintah menawarkan gelar pahlawan kepadanya. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyatakan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi keputusan Anthonius untuk tetap memandu pesawat Batik Air lepas landas meski sedang terjadi gempa 7,4 SR.

"Dia jadi satu contoh panutan bagi kita. Oleh karenanya, sebuah gelar sudah diberikan kepada almarhum, dan juga meminta kesediaan agar bisa dimakamkan di taman makam pahlawan," ungkap Budi Karya pada Senin (1/10). "Kami sampaikan dukacita, semoga Beliau mendapat tempat di sisi Yang Maha Esa. Lebih jauh, itu jadi contoh bagi kami semua insan Perhubungan, karena upayanya yang luar biasa.".

Untuk saat ini, pemerintah masih membujuk keluraga Anthonius untuk memakamkannya di Taman Makam Pahlawan. Budi menambahkan bahwa gelar pahlawan pada Anthonius akan diberikan dalam beberapa hari lagi. "Insyaallah dalam beberapa hari ini gelar itu akan kami berikan kepada keluarga, dan kami berharap keluarga adinda Agung diperkenankan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan," pungkas Budi.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru