Biaya Royal Wedding Putri Eugenie Diprediksi Lebih Mahal Dibanding Harry-Meghan?
WireImage/Karwai Tang
Selebriti
Putri Eugenie Royal Wedding

Jika dijumlahkan secara total, rincian pernikahan Putri Eugenie dan Jack menelan biaya sekitar Rp 54 miliar.

WowKeren - Pernikahan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank siap digelar hari ini, Jumat (12/10) di Kapel St George’s di Windsor Castle pukul 11 siang waktu setempat. Tentunya, upacara sakral tersebut akan menjadi Royal Wedding kedua untuk tahun ini setelah pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada bulan Mei lalu.

Bicara mengenai Royal Wedding, belum lama ini beredar kabar yang menyebut bahwa pernikahan Eugenie dan Jack akan memakan biaya yang lebih besar dibandingkan pasangan Harry-Meghan. Hal ini disebabkan kekayaan bersih Putri Eugenie dilaporkan bernilai cukup fantastis. Apalagi sang calon suami, Jack dikenal sebagai pendiri Jack Brooksbank Ltd, perusahaan yang mendistribusikan minuman beralkohol yang ia dirikan bersama George Clooney.


Dilansir Express.co.uk, awal tahun ini dilaporkan bahwa biaya keamanan untuk pernikahan Putri Eugenie akan membebani pajak sekitar 2 juta Poundsterling (sekitar Rp 39 miliar). Parade Eugenie dan Jack mengelilingi kastil Windsor sendiri memang jauh lebih singkat daripada Pangeran Harry dan Meghan Markle, namun diperkirakan masih akan ada biaya yang sangat mahal untuk keamanan pasangan tersebut.

Selain keamanan, Masih ada biaya katering yang disebut-sebut merogoh bujet hingga Rp 2 miliar, biaya minuman Rp 1,7 miliar, biaya tenda yang cukup besar untuk menampung 850 tamu undangan sebesar Rp 1,7 miliar, dan biaya kue pernikahan sebesar Rp 100 juta.

Belum lagi salah satu elemen yang paling penting dalam pernikahan, yakni gaun pengantin yang akan dikenakan oleh Eugenie. Hingga kini memang belum diketahui pasti bagaimana rupa gaun tersebut, bahkan identitas desainer yang merancangnya pun masih dirahasiakan. Namun diperkirakan gaun tersebut akan menelan biaya lebih dari 390 ribu Poundsterling (sekitar Rp 7 miliar).

Sementara pengiring pengantin pria dan wanita juga menghabiskan biaya Rp 196 juta untuk pakaian mereka di Royal Wedding ini. Sedangkan dari segi dokumentasi, momen Royal Wedding ini akan memakai jasa fotografer pernikahan yang menelan biaya mencapai Rp 302 juta. Selain itu, biaya undangan dengan sentuhan khusus dan menampilkan lambang keluarga serta dicetak menggunakan tinta emas akan menghabiskan dana sebesar Rp 534 juta.

Di sisi lain, biaya besar lainnya datang dekorasi pernikahan yang diprediksi menelan biaya sekitar Rp 1,8 miliar. Pasangan ini juga akan menghabiskan biaya hingga Rp 445 juta untuk musik, Rp 18 juta untuk souvenir pernikahan, Rp 3 juta untuk perayaan di gereja, dan Rp 107 juta untuk cincin pernikahan.

Menurut pendiri Bridebook Shephard yang memproyeksikan biaya pernikahan Putri Eugenie dengan Jack ini, biaya tersebut rupanya tak seberapa jika dibandingkan dengan Royal Wedding Harry dan Meghan pada 19 Mei lalu. Jika dijumlahkan secara total, rincian pernikahan Putri Eugenie dan Jack menelan biaya sekitar Rp 54 miliar. Sedangkan perkiraan biaya pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry sebesar hampir menyentuh angka Rp 605 miliar.

Terlepas dari hal tersebut, laporan terbaru menyebut bahwa Royal Wedding kali ini akan mengundang 850 tamu. Jumlah ini tentunya lebih besar besar dibanding pernikahan Harry dan Meghan yang dihadiri oleh 600 undangan.

Ratu Elizabeth II dan sang suami, Duke of Edinburgh dipastikan akan menyaksikan langsung pernikahan sang cucu. Ayah Putri Eugenie, Pangeran Andrew, akan mengantarkan putri bungsunya menuju altar. Sementara ibu Putri Eugenie, Sarah Ferguson juga akan hadir melepas putri tercinta menuju pernikahan.

Putri Beatrice juga dipastikan akan menjadi pendamping wanita untuk sang adik. Sementara anak-anak Pangeran William, yakni Pangeran George dan Putri Charlotte akan menjadi page boy dan flower girls.

You can share this post!

Related Posts
Loading...