Kemunculan Buaya Sempat Buat Heboh, Ini Penyebab Ubur-Ubur Juga Muncul di Pantai Ancol
Nasional

Warga Ibu Kota sempat dibuat geger dengan kemunculan buaya di beberapa aliran sungai, kini mereka kembali heboh dengan banyaknya ubur-ubur yang muncul di Pantai Ancol.

WowKeren - Beberapa waktu yang lalu, masyarakat DKI Jakarta dibuat gaduh dengan kemunculan buaya di kawasan Kali Grogol, Jakarta Barat. Warga semakin cemas lantaran beberapa buaya juga terlihat muncul di kawasan sungai lainnya. Akibatnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pencarian besar-besaran pada reptil yang dikenal ganas tersebut.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa beberapa ekor buaya ditemukan di anak Sungai Ciliwung, Jakarta Utara. Tak heran jika banyak warga mengaku cemas atas kemunculan buaya-buaya yang diketahui sebagai hewan buas tersebut.

Belum tuntas pemberitaan soal buaya yang banyak bermunculan di beberapa sungai di Jakarta, warga kembali dihebohkan dengan serbuan ubur-ubur yang ada di Pantai Ancol. Banyak menjadi pergunjingan di media sosial, manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. sampai memasang papan peringatan bagi para pengunjung pantai ancol.

Kendati demikian, masih banyak pengunjung yang berenang di pinggiran pantai. Bahkan, anak-anak juga terlihat bermain dengan binatang laut tersebut.


Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari, mengatakan bahwa ubur-ubur yang bermunculan tersebut akan dijaring dan digabung dengan koleksi di Seaworld Ancol. Meski sengatannya dikabarkan akan membuat gatal-gatal, Rika menyatakan bahwa pengunjung masih nyaman dengan kemunculan ubur-ubur tersebut. "Sejauh ini pengunjung cukup nyaman melakukan aktivitas bermain air dan berenang di sekitar pantai Ancol," jelas Rika dilansir Kompas pada Senin (15/10).

Di sisi lain, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Rita Nirmala, memberikan penjelasan soal kemunculan ubur-ubur ini. Rita menyebut bahwa "serangan" ubur-ubur di Pantai Ancol tersebut berkaitan dengan menurunnya kesuburan air. “Biasanya ubur-ubur itu banyak kalau kesuburan perairan berkurang atau menurun,” jelas Rita.

Rita juga membeberkan penyebab penurunan kesuburan perairan, salah satunya adalah karena kurangnya tumbuhan kecil dan hewan yang melayang di air tersebut. Selain itu, cuaca ekstrem yang berlangsung akhir-akhir ini juga menjadi penyebabnya.

Ubur-ubur yang terlihat di Pantai Ancol tersebut terdiri atas beberapa warna. Ada yang berwarna putih tulang hingga cokelat. Rita mengatakan bahwa bersentuhan dengan ubur-ubur bisa menyebabkan gatal-gatal, namun tidak terlalu berbahaya karena bisa hilang hanya dengan disiram air saja.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait