Beri Penghargaan Pada Budayawan Putu Wijaya, Jokowi Tak Segan Jongkok di Hadapannya
Twitter/setkabgoid
Nasional

Dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018, Jokowi menganugerahkan penghargaan bagi empat budayawan Indonesia, termasuk Putu Wijaya.

WowKeren - Presiden Joko Widodo menghadiri acara Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta Pusat, Minggu (9/12). Hadir pukul 17.00 WIB, sang Presiden langsung menuju panggung Kubah Bambu.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menganugerahkan Penghargaan Kebudayaan kepada empat budayawan Indonesia. Keempat budayawan tersebut ialah I Gusti Ngurah Putu Wijaya, D Zawawi Imron, Ismiyono dan Hubertus Sadirin.


Satu per satu nama penerima penghargaan disebutkan. Jokowi pun tampak tersenyum sembari bertepuk tangan.

Saat giliran menyerahkan penghargaan kepada Putu Wijaya, Jokowi memberi pandangan yang berbeda. Sastrawan yang mulai menulis sejak duduk di bangku SMP tersebut datang menggunakan kursi roda. Sang Presiden pun tak segan berjongkok di hadapan sang sastrawan.

Foto Jokowi yang tengah berjongkok di hadapan Putu Wijaya diunggah ke akun resmi @jokowi. Ia juga menuliskan jumlah karya yang telah dihasilkan oleh Putu Wijaya.

"Sejak remaja hingga 74 tahun kini, Putu Wijaya telah menulis 30 novel, 40 naskah drama, 1.000 cerpen, esai, dan lain-lain," tulis Jokowi. "Penghargaan Kebudayaan kepada Putu Wijaya dan tiga tokoh lain, atas upaya menjaga kebudayaan Indonesia tetap mengakar dan tumbuh subur mewarnai budaya dunia."

Gestur Jokowi ini ternyata mengundang simpati dari banyak warganet. Mereka memberikan pujian bagi sang Presiden yang tak segan berjongkok di depan rakyatnya.

"Gesture pakde bikin kagum bgt nih," komentar akun @br***gi. "Lagi-lagi seorang Presiden berlutut di depan rakyatnya. Kagum sekali dengan beliau," timpal akun @ju***JB. "Sungguh mulia hatimu Pakde, rendah hati dan hormat pada yg lebih tua. Semoga menjadi teladan generasi milenial," tambah akun @Bb***65.

Tak hanya itu, warganet juga memuji penghargaan kebudayaan itu sendiri. Banyak yang merasa senang budaya Indonesia dihargai oleh pihak pemerintah.

"Alhamdulillah. Ini berita menggembirakan bagi penggiat budaya Indonesia," tulis akun @be***ok. "Kaya akan budaya..semoga ini menjadikan contoh buat kita semua. Trimakasih pak jokowi dan selamat buat pak putu wijaya.tetap brrjuang dalam.karyanya...demi budaya indonesia," komentar akun @An***12.

You can share this post!

Related Posts
Loading...