Geger Suara Aneh di Langit Pekalongan, Pihak TNI Hingga LAPAN Beri Penjelasan
Nasional

Suara aneh yang terdengar di langit Pekalongan pada Jumat (14/12) hingga kini masih menjadi teka-teki. Berbagai dugaan pun muncul.

WowKeren - Suara aneh yang terdengar di langit Pekalongan pada Jumat (14/12) pagi hingga kini masih menjadi teka-teki. Berbagai dugaan pun muncul.

Salah seorang warga melalui akun Twitter miliknya sempat mengunggah hasil tangkapan layar terkait suara misterius tersebut. Dalam unggahan tersebut terlihat pesawat milik Ukraina Antonov AN-12 dengan nomor penerbangan UKL4082 rupanya sedang melintas di sekitar wilayah Jawa Tengah.


Menanggapi hal ini, TNI AU meyakinkan bahwa pesawat milik Ukraina tersebut berada di ketinggian lebih dari 20.000 kaki dan ukurannya tidak jauh berbeda dengan pesawat Hercules C-130. Oleh sebab itu, secara teori fisika tidak akan mengeluarkan bunyi misterius semacam itu.

Nope (tidak), pesawat AN-12 milik Ukraina tersebut selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 feet dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dengan pesawat C-130 Hercules,” tulis pihak TNI AU melalui akun Twitter mereka pada Jumat (14/12). “Secara teori fisika tidak akan mengeluarkan bunyi seperti yang sedang viral.”

Suara misterius terdengar di menderu di langit Jawa Barat pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Suara tersebut didengar oleh warga yang tinggal di sekitar wilayah Cirebon, Brebes, Tegal, Pekalongan, hingga Semarang. Warga menduga suara tersebut berasal dari pesawat yang sedang melintas.

Yohanes Sirait, Manajer Humas AirNav juga membenarkan akan hal ini. Ia menuturkan di jam-jam tersebut memang banyak pesawat yang melintas di area langit sekitar Jawa Tengah. Jalur ini bisa dibilang merupakan jalur paling sibuk di dunia.

“Kalau di jam-jam seperti itu (01.00 WIB) banyak pesawat yang melintas di atas ruang udara, karena di atas Jawa Tengah itu kan ada rute jalur namanya W45,” kata Yohanes belum lama ini. “Itu jalur yang paling sibuk di dunia.”

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menuturkan bahwa suara aneh tersebut bisa saja hanya suara angin. Jadi, tidak ada penjelasan ilmiahnya.

“Tapi itu enggak ada penjelasan ilmiahnya,” terang Thomas Djamaluddin selaku kepala LAPAN dilansir Kumparan pada Sabtu (15/12). “Itu hanya suara setempat. Mungkin angin ya.”

Selain itu, Thomas juga menambahkan jika suara tersebut muncul bisa jadi karena keterbatasan perangkat yang digunakan untuk merekam. Ia menepis anggapan jika suara tersebut berasal dari langit.

“Itu kalau ada (rekaman) di masing-masing daerah juga bisa berbeda,” tambah Thomas. “Itu (handphone) kan hanya bisa rekam di sekitarnya, jadi enggak bisa (rekam) suara di langit.”

You can share this post!

Related Posts
Loading...