Bikin Syok dan Malu, Foto Bule Berjemur di Pantai Sampah Bali Viral di Dunia Maya
SerbaSerbi

Seorang traveller asing mengunggah foto seorang wanita yang sedang berjemur di sebuah pantai di Bali, sayangnya, sampah bertebaran malah jadi sorotan.

WowKeren - Pulau Dewata memang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai-pantai indah dan resor kelas dunia selalu menjadi destinasi wisata para turis asing.

Namun apa jadinya bila pantai yang menjadi daya tarik utama Pulau Bali tidak terawat kondisinya? Seorang traveller asal Inggris, Jordan Simons, "menyentil" isu tersebut lewat potretnya.

Jordan mengunggah dua foto ke akun Instagram-nya, @thelifeofjord. Dalam foto yang diunggah pada 16 Desember 2018 tersebut, tampak seorang wanita asing alias bule yang mengenakan baju renang berwarna kuning berpose berjemur di sebuah pantai di Bali.

View this post on Instagram

Just another day in paradise 😍

A post shared by Jordan Simons (@thelifeofjord) on

Bukannya tertuju pada sang wanita, warganet malah dibuat syok dengan sampah yang bertebaran di sekitar wanita tersebut. Sampah yang ada juga didominasi dengan sampah plastik.

Menurut Jordan, foto tersebut diambil di Pantai Batu Bolong, Canggu, Bali. Ia berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lewat foto tersebut.

"Idenya adalah hanya meminta Anda membawa kantong ke mana pun kamu pergi dan mengisinya (dengan sampah) sebelum meninggalkan (pantai)," tulis Jordan kala menjawab pertanyaan salah satu pengikutnya dalam bahasa Inggris. "Seperti katamu, apa pun adalah permulaan."


Beberapa warganet pun ada yang tak percaya dengan foto tersebut. Mereka menganggap Jordan sudah mengedit fotonya sehingga sampah-sampah yang ada terlihat lebih banyak.

Menanggapi hal itu, Jordan pun mengunggah sebuah video berisi situasi pantai tersebut yang diambil dengan drone. Semakin ke atas, sampah yang bertebaran juga tampak semakin banyak.

Warganet yang berasal dari Indonesia pun langsung membanjiri unggahan Jordan. Mereka merasa malu dengan pantai penuh sampah yang difoto oleh Jordan.

"Malu gw jd orang indo," komentar akun @ki***ph. "Bali..??? Apa benerr?? kotornyaaa... malu iih," timpal akun @ay***ya. "Bikin malu aja kelakuan org indon ini hedeh," tambah akun @ha***4_.

Namun ajakan Jordan untuk memungut sampah sebelum meninggalkan pantai juga disambut baik oleh banyak warganet. Warganet juga ada yang menganggap bahwa kebersihan datang dari kesadaran pribadi masing-masing.

"Ini semua kesadaran diri sendiri," komentar akun @yu***ni. "Daripada komen video ini yuk kita sama sama mungutin sampah, kan lebih enak," timpal akun @dw***ta. "Kalo perlu kerja sm bareng yg jualan /pelapak yg ada di double six jg untuk ikut serta bersihin sampah nya mbk biar sinergi ... sampah tanggung jawab bersama," tambah akun @ve***ar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel