Gedung Kebakaran, Server Kemenkumham Dinonaktifkan Sementara
Instagram/kemenkumhamri
Nasional

Kebakaran yang terjadi tidak menimbulkan korban jiwa, namun belum diketahui secara pasti berapa total kerusakan yang dialami.

WowKeren - Kebakaran terjadi di Gedung Kementeriaan Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang ada di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (8/1) pagi. Api menyambar lantai empat dan lima yang merupakan ruang server serta raung Sekjen yang ada di lantai enam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapospol Mega Kuningan, Iptu Suryanta. Ia menyebutkan bahwa api hanya menyambar server penghantar aliran listrik, sedangkan barang perabotan lain tidak ada yang terbakar.

"Kebakaran di lantai 4,5 dan 6 hanya server penghantar aliran listrik," terang Iptu Suryanta dilansir Okezone pada Selasa (8/1). "Sedangkan untuk ruangan (los) berikut barang-barang perabot perkantoran, semuanya tidak ada yang terbakar.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Terkait penyebab kebakaran, hingga kini masih didalami oleh pihak Damkar. Petugas pemadam kebakaran tiba sepuluh menit setelah api menyambar.

"Benar terjadi kebakaran," kata Kepala Seksi Rescue Suku Dinas Padam Kebakaran Jakarta Selatan Muhammad Arif dilansir tempo.co.id pada Selasa (8/1). "Tim pemadam tiba 10 menit setelah api muncul."


Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham, Bambang Wiyono mengatakan bahwa titik api mulai terlihat di lantai empat. Beruntung, pihak Damkar mampu memadamkan api sekitar tiga puluh menit setelahnya. Meskipun api sudah padam, pihak Damkar memastikannya dengan mencari titik api yang mungkin masih ada.

"Setengah jam api sudah dapat dikendalikan," ujar Bambang dilansir viva.co.id pada Selasa (8/1). "Sekarang sudah dilakukan pendinginan dan mencari titik api yang mungkin masih ada."

Bambang juga memberikan klarifikasi terkait berita tidak benar yang mengatakan bahwa server Kemenkumham terbakar. Sebab, hingga saat ini server masih aman-aman saja namun memang sedang dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Bambang melanjutkan bahwa pihak Damkar juga masih mencari ruangan mana saja yang terdampak api. Oleh sebab itu, ia masih belum bisa memberikan keterangan terkait kerugian yang dialami akibat kerusakan yang terjadi.

"Ruangan mana aja yang kena dampak dan seberapa parah kerusakan," lanjut Bambang. "Masih di dalami tim Damkar dan tim Kemenkumham di lokasi."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait