Terendah Sepanjang Sejarah, Angka Kemiskinan di Indonesia Turun di Angka 9,66 Persen
Nasional

Jumlah penduduk miskin di Indonesia telah menurun drastis selama 48 tahun terakhir.

WowKeren - Kemiskinan yang dihadapi oleh Indonesia menjadi masalah yang cukup serius. Untuk itu, pemerintah selalu berupaya untuk menekan angka kemiskinan melalui kebijakan-kebijakan tertentu.

Kali ini, pemerintah berhasil menekan angka tersebut hingga 9,66 persen di 2018. Angka ini adalah yang terendah sepanjang sejarah Indonesia sejak merdeka.

Pada 1970, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data kemiskinan di negeri ini. Dari data tersebut, ada sebanyak 70 juta penduduk yang masuk ke dalam kategori miskin. Adapun jumlah tersebut merupakan enam puluh persen dari total penduduk Indonesia kala itu.

Pada September 2018, jumlah penduduk miskin jauh lebih rendah, yakni hanya 25,67 juta jiwa. Angka tersebut adalah 9,66 persen dari total jumlah penduduk. Dengan kata lain, angka kemiskinan telah mengalami penurunan yang sangat signifikan selama 48 tahun terakhir.

Di bulan yang sama tahun sebelumnya, jumlah penduduk miskin di Indonesia berada di angka 26,58 juta. Angka ini masih mengambil porsi 10,12 persen dari total jumlah penduduk.


Kepala BPS, Suhariyanto, mengatakan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia berkurang sebanyak 280 ribu dari Maret 2018. Sedangkan jika ditotal, penurunan mencapai 910 ribu sejak September 2017.

"Artinya ada penurunan jumlah orang penduduk miskin sebanyak 280 ribu orang dari Maret 2018," kata Suhariyanto di Jakarta, Selasa (15/1). "Atau turun 910 ribu orang dari September 2017."

Suhariyanto kemudian menjelaskan penyebab menurunnya angka kemiskinan di Indonesia. Adapun hal itu berkat upaya pemerintah dalam mengendalikan laju inflasi. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, pemerintah berusaha menekan harga barang dan jasa pada kisaran 3 persen per tahunnya.

Penekanan harga ini berimbas pada meningkatnya upah riil buruh dan juga nilai tukar petani. Penekanan inflasi juga dibarengi dengan meningkatnya pengelaurhan per kapita setiap bulannya.

Angka kemiskinan di Indonesia mengalami penurunan sejak 1970, sebelum terjadinya krisis ekonomi di 1998/99. Krisis ekonomi yang terjadi selama rentang waktu tersebut membuat angka kemiskinan di Indonesia kembali melonjak hingga mencapai 24,2 persen atau sekitar 49,5 juta jiwa.

Sejak saat itu, pemerintah berupaya memulihkan perekonomian di negeri ini untuk menurunkan kembali tingkat kemiskinan. Hingga pada 2018 angka tersebut turun di titik terendah.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait