Setor Pertanyaan Soal Korupsi, Ketua KPK Pastikan Tak Hadiri Debat Capres 2019
Nasional

Juru bicara KPK mengatakan bahwa pihaknya sudah memenuhi tugas sebagai panelis debat untuk menyusun pertanyaan.

WowKeren - Debat Pilpres 2019 akan ditayangkan perdana besok. Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Raharjo menegaskan bahwa dirinya tidak akan hadir dalam acara tersebut. Agus mengatakan bahwa hal itu sudah pernah disampaikannya kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Untuk panelis yang hadir dalam debat kami sudah dari awal memberitahukan pada KPU," kata Agus di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (16/1). "KPK tidak bisa hadir dalam acara debat."

Sebelumnya, pihak KPK sudah membantu KPU untuk menyiapkan soal bagi para kandidat debat. Agus mengatakan bahwa pihak KPU juga memaklumi ketidak hadirannya di acara tersebut. Sebab menurut KPU, kehadiran pihak KPK hanya sebagai tamu.

"Kami sudah sampaikan. Kami siap bantu menyiapkan soal. Kemudian soal dibuat oleh kami berenam," lanjut Agus. "Tapi di pertemuan itu kami sampaikan, mohon maaf kami tidak hadir dalam acara debat dan itu dimaklumi, dibolehkan. Karena menurut ketua KPU, hadir pun hanya sebagai tamu."

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. Ia menyebut bahwa tugas KPK hanya untuk fokus pada perumusan pertanyaan saja, yang mana hal itu juga sudah dipenuhi oleh KPK.


"KPK hanya fokus pada perumusan substansi pertanyaannya saja," papar Febri di Jakarta pada rabu (16/1). "Dan itu sudah dilakukan."

Terkait pertanyaan yang disusun oleh Agus, Febri menyampaikan bahwa masalah yang diangkat adalah seputar tindak pidana korupsi. Hal ini mengingat korupsi akan menjadi salah satu tema bahasan di debat perdana nanti.

Sejumlah masalah tersebut salah satunya meliputi aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan sebagai langkah pencegahan korupsi. Febri juga menyebut soal kebijakan makro dalam rangka memberantas korupsi di negeri ini.

"Kami pandang aspek-aspek pencegahan korupsi," imbuh Febri. "Kemudian kebijakan-kebijakan makro dalam pemberantasan korupsi ke depan itu diusulkan di sana."

Debat Capres perdana akan digelar pada Kamis 17 Januari mendatang di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Selain korupsi, tema lain yang juga akan diangkat dalam debat putaran pertama antara lain soal hukum, HAM, dan terorisme.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru