Tak Ikut Latih Persiapan Debat Jokowi-Ma'aruf, Jusuf Kalla: Lihat Saja YouTube
Instagram/wapresri.go.id
Nasional

Jusuf Kalla tidak ikut memberikan pelatihan debat kepada pasangan Jokowi-Ma'aruf jelang debat perdana Pilpres 2019 malam ini (17/1).

WowKeren - Debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan diselenggarakan malam ini (17/1). Kubu petahana, Joko Widodo-Ma'aruf Amin, pun mengaku telah mempersiapkan diri dengan matang.

Meski demikian, Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf, Jusuf Kalla, tidak dapat hadir memberikan pelatihan debat. Pasalnya, Jusuf Kalla tengah melakukan kunjungan kerja di Siem Reap, Kamboja, Rabu (16/1).


Meski demikian, Jusuf Kalla yakin bahwa ketidakhadirannya tak akan menganggu persiapan debat Jokowi-Ma'aruf. Pasalnya, TKN telah mempersiapkan banyak ahli debat untuk membantu paslon nomor urut 01 tersebut.

"Saya tidak ikut (memberikan pelatihan) karena ada di sini (Kamboja)," tutur Jusuf Kalla dilansir Antara, Rabu (16/1). "Dan saya kira sudah banyak ahli-ahli."

Saat diminta untuk memberikan contoh dan trik dalam debat Pilpres, jawaban Jusuf Kalla sederhana. Ia meminta tim untuk melihat contoh video debat Pilpres dari YouTube.

"Saya bilang, lihat saja di YouTube itu debat-debat (Pilpres) yang lalu bagaimana," jawab Jusuf Kalla. "Mereka (tim) sudah buka itu, dan semua ada bagaimana caranya debat."

Meski demikian, Jusuf Kalla tetap memberi masukan kepada Jokowi-Ma'aruf. Ia berharap paslon jagoannya dapat menggali lebih dalam terkait pengetahuan umum serta dapat mempertahankan argumen.

Wakil Presiden Indonesia tersebut juga berpesan agar Jokowi-Ma'aruf jangan sampai salah pemahaman. Hal ini disampaikan berdasarkan pengalaman cawapres Hatta Rajasa yang keliru menyebut Adipura dengan Kalpataru pada debat Pilpres 2014.

"Dibutuhkan kemampuan pengetahuan umum, jangan salah sebut Adipura dengan Kalpataru," terang Jusuf Kalla. "Bukan salah ngomong saja, tapi salah pengertian."

Jusuf Kalla sendiri memang sudah berpengalaman mengikuti debat Pilpres sebanyak tiga kali. Yaitu pada Pilpres 2004, 2009, dan 2014.

Debat perdana Pilpres 2019 akan diselenggarakan di hotel Bidakara Jakarta, dengan mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Dalam rangkaiannya, debat Pilpres 2019 akan diadakan sebanyak lima kali. Yakni dua kali debat pasangan capres-cawapres, dua kali debat capres, dan satu kali debat cawapres.

You can share this post!

Related Posts
Loading...