Sepakat, Tim Prabowo Sebut Tak akan Ungkit Pelanggaran HAM Masa Lalu
Instagram/prabowo
Nasional

Prabowo-Sandiaga akan lebih fokus pada pembahasan masalah yang ada di tengah masyarakat saat ini.

WowKeren - Debat Pilpres 2019 akan tayang secara perdana malam ini, Kamis (17/1). Salah satu tema yang akan diangkat dalam debat adalah masalah seputar Hak Asasi Manusia (HAM).

Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ledia Hanifa Amaliah, mengatakan bahwa tidak sudah ada kesepakatan untuk tidak membahas masalah pelanggaran HAM yang pernah terjadi di masa lalu. Sebaliknya, bahasan akan fokus untuk membicarakan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk ke depannya.

"Kita sepakat tidak akan berbicara hal-hal masa lalu yang diungkit-ungkit kembali," kata Ledia di Rumah Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/1). "Dan kami yakin kita bicara ke depan akan lakukan seperti apa."

Namun, Ledia tidak menjelaskan secara detail tentang persoalan masa lalu apa yang dimaksud. Hal itu dikatakannya sudah disepakati oleh semua pihak. Namun, ketika ditanya apakah kesepakatan itu juga dibicarakan dengan kubu Joko Widodo alias Jokowi-Ma'ruf Amin, ia tidak menjawab.

"Kita sepakat untuk tidak saling mengangkat persoalan yang sebenarnya sudah disepakati," lanjut Ledia. "Pembahasannya ke yang depan."


Ledia juga menuturkan bahwa kubu Prabowo-Sandiaga sudah melakukan berbagai persiapan untuk debat nanti, bahkan jauh-jauh hari sebelumnya. Salah satunya dilakukan dengan melakukan simulasi debat bersama para pakar.

"Kita juga sudah melakukan persiapan teknis," imbuh Ledia. "Jadi bismillah, insyaallah, kita sudah siap untuk menghadapi debat besok."

Hal serupa juga sebelumnya pernah disampaikan oleh Sandiaga sebagai rekan Prabowo di debat nanti. Ia mengatakan bahwa dirinya dan Prabowo akan fokus mengangkat permasalahan yang ada di tengah masyarakat saat ini, yang merupakan substansi pertanyaan.

"Kami tidak akan mengorek-ngorek, itu bukan style, gaya, Prabowo-Sandi," kata Sandiaga di Jakarta Selatan, Rabu (16/1). "(Kami) hanya (menyinggung) kasus-kasus yang ada di masyarakat saja, yang ditanyakan, yang menjadi pertanyaan besar."

Sandiaga menuturkan bahwa Prabowo ingin agar kandidat tak saling menyerang dalam debat nanti. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sangat menghormati Jokowi sebagai presiden dan Ma'ruf sebagai ulama. "Kita akan sangat hormati presiden dan akan memuliakan Pak Kiai," tandas Sandiaga.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel