Pakar Ungkap Makna Gestur Capres-Cawapres Saat Debat, Aksi Pijat Sandiaga Hingga Ekspresi Jokowi
Nasional

Beberapa momen menarik yang muncul dalam debat perdana Capres-Cawapres pada Kamis (17/1) kemarin sukses jadi sorotan publik.

WowKeren - Debat perdana Capres dan Cawapres 2019 telah digelar pada Kamis (17/1) kemarin. Serangkaian momen-momen menarik terungkap dalam acara digagas oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu. Turut dihadiri oleh para pendukungnya, pasangan Joko Widodo-Ma'aruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tampil dengan ciri khas masing-masing.

Menyoroti beberapa momen menarik, pakar tubuh berbasis Sains, Monica Kumalasari, dilansir Antara pada Jumat (18/1) berusaha mengungkap berbagai makna dari gestur yang diberikan masing-masing paslon. Monica coba membeberkan mengenai makna gestur Sandiaga yang terlihat memberikan pijatan kepada Prabowo. Selain itu, Monica juga mengungkap makna dari ekspresi Jokowi dan juga Ma'aruf saat tengah mengikuti debat.

Menurut Monica, pasangan Prabowo dan Sandiaga dinilai terlihat lebih "mesra" daripada Jokowi-Ma'aruf. Apalagi, pada saat debat, terdapat momen saat Sandiaga memberikan pijatan kepada Prabowo. Hal itu menggambarkan Sandiaga yang tengah meredakan ketegangan dan meminta Prabowo untuk tenang.

Pengalihan yang dilakukan pasangan Prabowo-Sandiaga juga terlihat saat mereka mendapatkan giliran bicara. Pada saat itu, Prabowo meminta Sandiaga menambahkan argumen soal perempuan dalam struktur Partai Gerindra. Namun, Sandiaga justru menolak dengan mengatakan bahwa dirinya bukan lagi bagian dari Partai Gerindra.


Sementara itu, sikap diam Ma'aruf Amin pada saat debat juga tak kalah menjadi sorotan. Monica menyatakan bahwa situasi tersebut sepertinya sudah ditentukan sejak awal. Ma'aruf memang berkontribusi pada tema-tema tertentu yang dia kuasai.

Dibandingkan dengan Prabowo-Sandiaga, interaksi terbatas antara Jokowi dan Ma'aruf ditengarai karena Jokowi menghormati Ma'aruf. Monica juga menjelaskan bahwa ekspresi Ma'aruf kerap memperlihatkan senyum yang tulus selama debat berlangsung.

Pada saat debat pilpres, terdapat juga momen di saat Jokowi menggulung lengan bajunya. Monica menjelaskan gestur tersebut sebagai siratan keinginan untuk segera melanjutkan pekerjaannya. Masing-masing kubu juga memilih untuk tidak memberikan pujian. Namun, suasana dingin tersebut mulai mencair ketika Jokowi menghampiri Prabowo dan saling berpelukan.

Setelah debat perdana yang dilangsungkan pada Kamis (17/1), Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih akan menggelar beberapa acara debat lainnya. Untuk jadwal debat kedua akan dilangsungkan pada 17 Februari 2019 mendatang.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel