BKN Tegaskan Tak Ada di Bulan Maret, Kapan Lowongan CPNS Kembali Dibuka?
Instagram/bkngoidofficial
Nasional

Sebelumnya, Kemenpan-RB sempat menyampaikan akan membuka kembali lowongan CPNS di bulan Maret 2019 yang dibantah oleh BKN.

WowKeren - Kabar mengenai pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan kembali dibuka pada bulan Maret 2019 mendatang dibantah oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pihaknya menjelaskan bahwa lowongan CPNS masih belum akan dibuka kembali sejak terakhir kali.

Bantahan ini disampaikan oleh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan. "Saya tegaskan lagi tidak ada penerimaan CPNS di bulan Maret," tegas Ridwan seperti dilansir Tempo pada Rabu (23/1).

Ridwan menjelaskan beberapa agenda terkait penerimaan pegawai memang akan dilakukan di tahun 2019 ini. Namun, belum ada rencana mengenai pembukaan kembali lowongan CPNS.

Agenda pertama dijelaskan Ridwan berupa penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK tahap I yang dikhususkan untuk eks tenaga honorer kategori 2 di bidang guru, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian. Setelah itu, baru pemerintah akan melaksanakan seleksi PPPK tahap II untuk jalur umum.


“Itu rencananya Februari tapi tergantung kecepatan teman-teman instansi menyampaikan analisis beban kerja dan kebutuhan pegawainya,” terang Ridwan. “Setelah pilpres ya mungkin sekitar Mei atau Juni."

Dalam keterangannya, Ridwan juga menjelaskan bahwa rencana penerimaan lowongan CPNS kembali merupakan kesalahpahaman. “Jadi Pak Menteri enggak pernah sampaikan ada penerimaan CPNS di bulan maret, enggak ada. Pak menteri bicara itu kemudian beliau meralat karena ternyata salah, yang Maret itu deadline untuk hal lain di kalangan Panselnas,” pungkas Ridwan.

Ridwan juga menjelaskan bahwa bulan Maret akan digunakan pemerintah untuk mencari solusi atas P1/L. Kode ini sendiri diketahui sebagai kode dalam pelaksanaan CPNS 2018. Peserta kelompok 1 yang memenuhi nilai ambang batas SKD Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 37 Tahun 2018 dan berhak mengikuti SKB.

Seperti diketahui, masih ada sebanyak 59.458 posisi yang masih gagal terisi dalam CPNS 2018. Untuk itu, pada bulan Maret mendatang, pemerintah mencoba mencari cara untuk mengisi posisi yang masih kosong tersebut.

Berdasarkan keterangan Ridwan, lowongan CPNS masih belum akan kembali dibuka. Namun, untuk saat ini, BKN masih akan fokus pada penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait