Menabung 7 Tahun, Petani Asal Majalengka Akhirnya Bisa Beli Mobil Tunai Pakai Uang Receh
Nasional

Selain bertani, Tirta mengaku juga dipercaya sebagai petugas keamanan oleh pengembang perumahan.

WowKeren - Seorang petani asal Majalengka, Tirta (46), sempat membuat heboh masyarakat kampungnya. Bagaimana tidak, ia dan istrinya, Mimin (42), berhasil membeli mobil impian mereka dengan cara yang tak biasa.

Tirta membeli mobil jenis Toyota Rush secara tunai menggunakan uang logam recehan. Saat datang ke dealer Toyota yang ada di Jatiwangi ia menyerahkan logam recehan dengan pecahan Rp 500 dan Rp 1.000. Jumlahnya mencapai Rp 40 juta.

Total yang harus ia bayar untuk mendapatkan mobil baru itu adalah sekitar Rp 261 juta. Untuk sisa pembayaran, Tirta menggunakan uang kertas.

Tirta mengatakan bahwa uang tersebut merupakan hasil tabungannya selama tujuh tahun. Sejak 2012, ia mulai menyisihkan pundi-pundi rupiah dari hasil kerja kerasnya.

Sebelumnya, ia berpikir bahwa pembelian mobil tidak bisa menggunakan uang receh. Namun setelah ia mengkonfirmasi hal ini, ternyata pihak dealer tidak mempermasalahkannya.

"Sejak 2012 mulai menabung menggunakan receh," kata Tirta di Desa Biyawak, Majalengka, Selasa (29/1). "Saya pikir awalnya tidak boleh beli mobil pakai recehan, ternyata kata pihak dealer boleh. Akhirnya saya bawa sekitar Rp 40 juta recehan milik saya itu ke dealer."


Tirta menjelaskan bahwa sehari-hari ia bekerja sebagai petani. Selain itu, ia juga mendapat kepercayaan dari salah satu pengembang properti untuk menjadi petugas keamanan. Sehingga di waktu senggang, ia juga bekerja untuk berjaga di perumahan tersebut.

"Pagi ke sawah, kalau senggang ke sini," lanjut Tirta. "Ya Alhamdulillah dipercaya sama bos saya buat jaga-jaga di sini."

Terkait uang receh Rp 40 juta yang ia pakai untuk membayar mobil, itu merupakan hasil dari bertani. Selain bekerja sebagai petani dan tenaga serabutan, Tirta mengaku pernah membantu saudaranya untuk berjualan cilok.

"Saya cuma bertani sama kerja serabutan," lanjut Tirta. "Sempat bantu usaha saudara saya yang jual cilok."

Pihak Toyota sendiri mengaku bahwa transaksi pembelian mobil dengan menggunakan uang receh adalah hal unik. Sebab, Tirta telah menunjukkan bahwa hal yang tidak mungkin menjadi mungkin jika dibarengi dengan usaha keras.

"Salah satu momen transaksi pembelian mobil Toyota yang unik," kata PR Manager PT Toyota-Astra Motor Rouli H Sijabat dilansir detikOto, Rabu (30/1). "Kami bersyukur karena beruntung turut andil dalam mewujudkan keinginan dari pelanggan kami Pak Tirta dan Ibu Mimi memiliki kendaraan hasil menabung uang receh selama 7 tahun."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru