Jokowi Disebut Ajak Jan Ethes Kampanye, Bawaslu Kaji Surat dari KPAI
Twitter/jokowi
Nasional

KPAI mengirimkan surat kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terkait isu pelibatan Jan Ethes dalam kampanye Jokowi.

WowKeren - Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, kembali diisukan menggunakan cucunya Jan Ethes dalam kepentingan politik. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahkan menilai bahwa ada usaha pelibatan Jan Ethes dalam kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin.

Tak hanya itu, KPAI bahkan mengirimkan surat kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terkait isu tersebut. Menanggapi hal tersebut, Bawaslu pun buka suara.


Ketua Bawaslu RI, Abhan, membenarkan pihaknya telah menerima surat dari KPAI tersebut. Bawaslu pun tengah mengkaji surat tersebut dan akan meminta keterangan dari beberapa pihak terkait isu tersebut.

"Hari ini tadi kami baru terima (suratnya)," terang Abhan di Hotel Bidakara, Senin (11/2). "Tentu akan kami baca lebih lanjut dengan kita kaji apa pihak-pihak mana yang akan kita minta keterangannya.”

Terkait dengan isu tersebut, Bawaslu tak mau banyak berspekulasi. Abhan menyampaikan bahwa saat ini Bawaslu masih harus mengkaji untuk meilhat ada atau tidaknya dugaan pelanggaran pemilu.

"Ya kita kaji dulu apa dugaan pelanggarannya," jelas Abhan. "Dan siapa yang harus kami klarifikasi.”

Sebelumnya, KPAI menduga bahwa sang petahan melibatkan Jan Ethes dalam kegiatan kampanyenya. KPAI pun khawatir ada pelanggaran hak anak untuk bertumbuh kembang dan bermain seperti anak seusianya.

Isu pelibatan Jan Ethes dalam kampanye Jokowi bermula dari cuitan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid. Ia menduga bahwa Jokowi memang sengaja mengajak sang cucu dalam kegiatan kampanyenya.

Jokowi sendiri sudah memberikan bantahannya. Sang petahana menegaskan bahwa kedekatannya dengan sang cucu merupakan hal yang wajar dan ia tak pernah mengajak Jan Ethes ke dalam acara kampanye.

Jokowi bahkan sempat memberikan candaannya mengenai isu tersebut. Ia menyebut akan mengirim langsung Jan Ethes yang masih belum genap berusia 3 tahun tersebut untuk menghadap Bawaslu. "Nanti kalau dilaporin, dipanggil Bawaslu, saya suruh datang cucu saya ke Bawaslu. Paling cucu saya ngomongnya masih grutal-gratul," kelakar Jokowi.

You can share this post!

Related Posts
Loading...