Ditemukan Logam Batangan Emas Bergambar Soekarno, Arkeolog Beberkan Soal Keaslian
Nasional

Selain wajah Soekarno, terdapat tulisan '1818' dan 'Gold' serta '24 K' pada bagian samping logam berwarna emas tersebut.

WowKeren - Seorang warga Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan SA (36) menemukan logam yang diduga emas 24 karat bergambar wajah Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Logam tersebut ditemukan saat sedang menggali pondasi rumah.

Saat melakukan penggalian bersama anggota keluarga lainnya, cangkul yang digunakannya mengenai benda keras. Awalnya, ia mengira benda tersebut adalah batu. Namun ketika digali lebih dalam, SA menemukan satu batang logam berwarna emas dan sebilah keris berbentuk naga dengan warna yang sama.

Selain wajah Soekarno, terdapat tulisan "1818" dan "Gold" serta "24 K" pada bagian samping logam berwarna emas tersebut. Benda penemuan tersebut disimpan oleh SA dan keluarganya dikediaman mereka untuk diamankan.

Ditemukan Logam Batangan Emas Bergambar Soekarno, Arkeolog Beberkan Keasliannya


Seorang Peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan Retno Purwanti menyebutkan bahwa pihaknya belum mendapat laporan terkait penemuan logam tersebut. Retno menjelaskan, usia logam yang diduga emas tersebut akan sulit dibuktikan, hanya kadar keasliannya yang bisa diperiksa.

"Itu bukan barang purbakala, jadi kalau keaslian kadarnya bisa dicek di Pegadaian," kata Retno seperti dikutip dari Kompas. "Soal tahun berapa pembuatan itu sulit diteliti karena siapapun bisa membuat emas bergambar Soekarno."

Selain itu, Retno juga mengatakan bahwa penemuan logam diduga emas bergambar Soekarno bukan pertama kalinya di Sumatera Selatan. Sejumlah warga pernah menemukan logam serupa di wilayah lain seperti Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin dan kawasan Air Sugihan.

"Memang sudah sering, ini bukan kejadian yang luar biasa," ujar Retno. "Kalau emas batangan seperti itu perlu diragukan, harus dicek dulu apakah benar kadar emasnya ada atau tidak."

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru