Lion Air JT-780 Dikabarkan Mendarat Lagi Usai 30 Menit Mengudara, Penumpang Panik dan Histeris
Nasional

Sejumlah penumpang yang trauma memilih tak melanjutkan pejalanan mereka dari Makassar ke Palu.

WowKeren - Dunia penerbangan Indonesia tengah menjadi sorotan. Sejumlah masalah mulai dari harga tiket pesawat hingga adanya kecelakaan pesawat membuat sejumlah maskapai mengalami penurunan kepercayaan dari penumpang.

Pada Selasa (12/2) kemarin, pesawat milik Lion Air dengan nomor penerbangan JT-780 dikabarkan memutuskan untuk kembali mendarat usai 30 menit mengudara. Pesawat Lion Air tersebut merupakan pesawat dengan rute Surabaya-Palu yang transit di Makassar.


Namun, pesawat justru memutuskan return to base atau RTB usai 30 menit berada di udara. Tak ayal, hal itu menimbulkan sejumlah kepanikan penumpang.

Mengenai peristiwa ini, General Manager Air Navigation (AirNav) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Novy Pantaryanto memberikan penjelasan. Ia mengkonfirmasi jika Lion Air JT-780 memang melakukan pendaratan kembali pada Selasa (12/2) pukul 22.24 WITa saat terbang dari Makassar ke Palu.

Beruntungnya, semua penumpang selamat dalam kejadian ini. Namun, mereka mengaku mengalami sejumlah kepanikan saat pesawat disebut memiliki masalah ketika tengah mengudara.

Salah satu penumpang memberikan kesaksian jika mesin pesawat seolah mati saat tengah berada di udara. "Kita sudah terbang 30 menit. mesin sepertinya mati, oleng dan sudah seperti jatuh, lalu kembali ke Makassar," terang Muhammad Arief, salah satu penumpang Lion Air, seperti dilansir TribunNews pada Kamis (14/2).

Arief juga menjelaskan jika seluruh penumpang histeris saat pesawat mengalami turbulence. "Semua penumpang sudah histeris. pesawat turbulence, seperti jatuh lalu terbang lagi, dan putar balik ke Makassar," lanjut Arief.

Pesawat Lion Air JT-780 ini juga dilaporkan mengalami beberapa kali pindah jalur dan merubah ketinggian hingga kecepatan saat baru 30 menit terbang. Sampai akhirnya, pesawat jenis Boeing 737-9 ER ini memutuskan untuk RTB dan mendarat kembali di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, Sulawesi Tengah.

Akan tetapi, akibat masih trauma, beberapa penumpang memutuskan membatalkan penerbangan lanjutan. Mereka memilih menginap di hotel yang ada di Makassar. Sementara itu, masih belum ada pernyataan langsung dari pihak Lion Air.

You can share this post!

Related Posts