KPU Siapkan Sesi Baru dengan Materi Video, Ini Jadwal Debat Pilpres 2019 Kedua
Nasional
Debat Capres 2019

Video tersebut akan menjadi bahan untuk capres berdebat selama 16 menit di segmen keempat.

WowKeren - Debat Pilpres 2019 kedua akan segera digelar pada Minggu (17/2) pukul 20.00 WIB. Debat kali ini akan ditayangkan oleh berbagai stasiun televisi di Indonesia. Sebut saja CNN Indonesia TV, RCTI, JTV, MNC TV dan INews TV akan menghadirkannya untuk masyarakat Indonesia.

Berbeda dengan debat sebelumnya, Debat Pilpres 2019 kedua ini hanya akan mempertemukan calon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Sementara calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno tidak diwajibkan hadir.


Dalam debat kali ini, terdapat 5 tema yang diangkat, terdiri dari energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Debat yang akan dipandu oleh moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ini digelar di Hotel Sultan, Jakarta.

KPU telah menyiapkan enam segmen dalam Debat Pilpres 2019 kedua ini. Segmen pertama merupakan waktu para capres menyampaikan visi-misi, segmen kedua dan tiga berupa pertanyaan dari tim panelis, sementara segmen empat adalah debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat.

Pada segmen lima, masing-masing capres akan saling bertanya satu sama lain. Segmen terakhir merupakan penyataan penutup dari kedua capres.

Selain itu, pada debat kali ini, KPU menyiapkan lima video yang mewakili tiap-tiap tema debat. Nantinya, Ketua KPU Arief Budiman akan memilih secara acak video yang akan digunakan. Video tersebut akan menjadi bahan untuk capres berdebat selama 16 menit di segmen keempat.

Video debat sendiri dirumuskan tim panelis dan diproduksi oleh rumah produksi profesional. Berbeda dengan debat pertama, KPU tidak membocorkan terlebih dahulu pertanyaan di segmen dua dan tiga.

Tim panelis untuk debat capres kedua ini beranggotakan Joni Hermana (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Nur Hidayati (Direktur Eksekutif Walhi), Arif Satria (Rektor Institut Pertanian Bogor), Irwandy Arif (ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung), Ahmad Agus Setiawan (pakar energi Universitas Gadjah Mada), Sudharto Prawata Hadi (pakar Lingkungan Hidup), Dewi Kartika (Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).

You can share this post!

Related Posts
Loading...