JK Ingin Genjot Sektor Pariwisata: Percuma Airport Bagus Tapi Penerbangan Sedikit
Instagram/wapresri.go.id
Nasional

JK menilai bahwa pariwisata merupakan industri yang paling mudah dan cepat dalam menghasilkan devisa negara.

WowKeren - Beberapa tempat di Indonesia dengan alam yang memukau serta sarat akan nilai budaya kerap dijadikan sebagai destinasi wisata. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Empat destinasi tersebut, disebut oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sebagai "Super Prioritas". JK ingin agar pengembangan di empat destinasi wisata tersebut dipercepat. Hal itu diungkapkan oleh JK selaku Ketua Tim Koordinasi Kepariwisataan.


Untuk menunjang kegiatan pariwisata, akses transportasi menuju ke tempat-tempat tersebut juga harus dipastikan memadai. JK meminta agar pembangunan maupun perbaikan infrastruktur baik jalan darat maupun udara segera diselesaikan.

JK ingin agar jumlah penerbangan yang menuju ke destinasi wisata ditingkatkan sehingga mampu mendatangkan lebih banyak turis. Sebab menurut JK, percuma jika bandara yang ada di Indonesia ini cukup bagus namun jumlah penerbangan yang dimiliki masih kurang. "Percuma airport kita bagus tapi sedikit penerbangannya," kata JK dilansir dari Republika pada Jumat (15/2).

Untuk menggenjot sektor pariwisata, JK ingin agar diadakan atraksi kebudayaan di lokasi wisata. Ia juga menyampaikan bahwa legenda dari suatu destinasi wisata sangat besar pengaruhnya untuk menarik para turis untuk datang. Misalnya seperti legenda Borobudur.

"Buatlah itu legenda tentang Borobudur, seperti Angkor Wat," lanjut JK. "Turis rela antri untuk masuk ke sana."

Karena dianggap sebagai sektor yang penting untuk menunjang perekonomian bangsa, pemerintah menyiapkan sepuluh destinasi prioritas yang disebut "Bali Baru", termasuk empat yang sudah disebutkan di atas.

Menurut JK, Indonesia sudah dikaruniai alam yang elok serta budaya yang sangat kaya. Oleh sebab itu, langkah selanjutnya adalah bagaimana mengelola itu semua sehingga bisa menghasilkan devisa negara.

"Pariwisata merupakan industri yang paling mudah dan cepat menghasilkan devisa," tegas JK. "Negara kita sudah indah, tinggal kelolanya bagaimana."

Untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung, tentu saja promosi menjadi kunci utama. JK berharap agar empat destinasi wisata prioritas bisa menjadi contoh bagi tempat lainnya. "Saya rasa kita siap untuk menyelesaikan semua ini, agar empat ini menjadi contoh pengembangan destinasi lainnya," tutur JK.

You can share this post!

Related Posts