PLN Turunkan Tarif Listrik Rumah Tangga Mulai 1 Maret
Nasional

Mulai 1 Maret 2019, PLN akan memberikan potongan harga kepada para pelanggan R-1 900 VA RTM (Rumah Tangga Mampu).

WowKeren - Kabar baik datang dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Mulai 1 Maret 2019 mendatang, PLN akan memberikan potongan harga kepada para pelanggan R-1 900 VA RTM (Rumah Tangga Mampu).

Pelanggan golongan R-1 900 VA RTM yang semula harus membayar tarif sebesar Rp 1.352 per kilowatt hour (kWh), hanya perlu membayar Rp 1.300 per kWh setelah mendapat potongan. Tarif ini berlaku bagi 21 juta pelanggan R-1 900 VA RTM.

Insentif ini diberikan PLN karena adanya efisiensi di golongan ini. Di antaranya adalah penurunan susut jaringan, perbaikan SFC (Specified Fuel Consumption) dan peningkatan CF (Capacity Factor) pembangkit.

Tak hanya itu, penurunan harga minyak dan kurs dolar Amerika Serikat juga menjadi salah satu penyebab penurunan harga ini. Selama tiga bulan terakhir, harga rata-rata minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) turun dari USD 62,98 per Barrel menjadi USD 56,55 per Barrel.

Tak dapat dipungkiri bahwa listrik telah menjadi suatu kebutuhan dasar bagi masyarakat saat ini. Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, berharap insentif ini dapat menunjang kegiatan ekonomi rakyat Indonesia.


"Dengan adanya insentif ini, PLN ingin memberikan ruang untuk pelanggan R-1 900 VA RTM," tutur Made dilansir detikcom, Jumat (15/2). "Agar dapat lebih banyak memanfaatkan listrik untuk menunjang kegiatan ekonominya dan dalam kegiatan kesehariannya."

Made menegaskan bahwa insentif ini berlaku untuk seluruh pelanggan. Ia menjelaskan bahwa penurunan tarif bagi R-1 900 VA RTM ini tidak memiliki syarat apapun.

"Silahkan nikmati penurunan tarif ini," terang Made. "Dan gunakan listrik PLN dengan nyaman dan tentu saja aman."

Diketahui, ada banyak golongan pelanggan PLN yang dikelompokkan ke dalam rumah tangga kecil, menengah, dan besar. Golongan rumah tangga kecil terdiri dari 450 dan 900 VA bersubsidi dan 900 VA nonsubsidi.

Golongan rumah tangga menengah dengan daya 3.500-5.500 VA. Sementara, rumah tangga besar dengan daya 6.600 VA ke atas.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait