Malam Ini Fenomena Super Snow Moon Hiasi Langit, BMKG Minta Warga Pesisir Waspada
Nasional

Super Snow Moon terjadi kala posisi bulan dengan bumi berada dalam jarak terdekat, sehingga tampak lebih cerah dan besar.

WowKeren - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa hari ini (19/2) akan terjadi fenomena Super Snow Moon. Fenomena tersebut terjadi kala posisi bulan dengan bumi berada dalam jarak terdekat, sehingga tampak lebih cerah dan besar.

Meski demikian, BMKG menghimbau agar masyarakat yang tinggal di kawasan pelabuhan dan pesisir terus waspada. Pasalnya, fenomena tersebut akan mempengaruhi pasang maksimum air laut.

"Hari ini terjadi fenomena Super Snow Moon," tulis BMKG dalam keterangan resminya hari ini. "Yang mempengaruhi pasang maksimum air laut di pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat."

Pengaruh pola pasang maksimum air laut dapat berdampak ke beberapa hal. Salah satunya adalah gangguan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir.

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar-muat di pelabuhan," jelas BMKG. "Masyarakat diimbau agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG."

Menurut BMKG, fenomena tersebut sudah dapat disaksikan sejak pukul 16.02 WIB. Ukuran bulan sendiri menjadi 14 persen lebih besar dibanding kala purnama apoge terjadi.

Dilansir CNNIndonesia.com, Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa Super Snow Moon bisa diamati sepanjang malam di seluruh Indonesia. Namun waktu terbaik untuk melakukan pengamatan adalah setelah matahari terbenam.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait