Ma'ruf Amin Minta Agar Sandiaga Uno Tak Sungkan di Debat Pilpres Ketiga
Nasional

Sandiaga Uno sebelumnya mengaku berada dalam posisi sulit di debat Pilpres ketiga karena harus menghadapi Kiai Ma'ruf Amin.

WowKeren - Debat Pilpres 2019 ketiga akan digelar pada 17 Maret mendatang. Dalam agenda tersebut, hanya kedua Calon Wakil Presiden (cawapres) saja yang akan dipertemukan.

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, pun menyampaikan kekhawatirannya dalam menghadapi debat Pilpres ketiga. Ia mengaku dirinya berada di dalam posisi sulit karena harus menghadapi Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, yang notabene adalah seorang Kiai yang harus dimuliakan.

"Di dalam adab yang saya diajarkan itu, ulama atau kiai besar seperti Kiai Ma'ruf harus kita muliakan. Tidak bisa kita debat dengan Pak Kiai," tutur Sandi pada Minggu (10/2) lalu. "Pokoknya apa yang Pak Kiai sampaikan Samina wa athona. Itu adab diajarkan ke saya."

Menanggapi hal tersebut, Ma'ruf pun buka suara. Ia meminta agar Sandi tidak merasa sungkan di dalam arena debat.

"Yang penting laksanakan dengan santun, sopan," tutur Ma'ruf di kediamannya, Selasa (19/2). "Bukan hanya Pak Sandi ke saya. Saya yang tua ke yang muda harus saling menghormati."


Meski demikian, Ma'ruf memberikan apresiasinya kepada rasa hormat Sandi. Ma'ruf juga menjelaskan bahwa dalam forum debat, saling serang adalah hal yang wajar.

Ma'ruf menerangkan bahwa selama serangan yang diberikan berkaitan dengan ide, gagasan, dan program, maka hal tersebut sah-sah saja. Selain itu, peserta debat harus saling menghormati satu sama lain, tidak merendahkan, dan tidak berkelahi secara fisik.

"Kan tanya jawab. Debat kan tidak berarti berantem," jelas Ma'ruf. "Tanya jawabnya gimana? Saya ditanya, jawabnya gimana. Itu kan tanya jawab."

Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini juga menekankan pentingnya aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sandi dan dirinya harus dapat mengikuti aturan tersebut.

"Kami harus saling menghormati dengan cara yang santun," jelas Ma'ruf. "Kami juga harus ikuti aturan KPU."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait