Kelakuan Buruk Penumpang MRT Jakarta Bergelantungan Hingga Injak Kursi Disoroti Media Jepang
AP
Nasional

Kontroversi kelakukan buruk para pengguna MRT ini sebelumnya juga mendapatkan perhatian di kalangan masyarakat nasional.

WowKeren - Sudah direncanakan sejak 34 tahun, proyek Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta akhirnya diresmikan pada Minggu (24/3) kemarin. Hadir dalam peresmian, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan juga Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Peresmian proyek ini disambut antusias oleh masyarakat. Dalam tahap uji coba beberapa waktu lalu, mereka sudah beramai-ramai melakukan pendaftaran untuk bisa menjajal moda transportasi terbaru di Ibu Kota Jakarta ini.

Kendati demikian, kelakukan buruk para pengguna MRT sempat menuai perdebatan. Seperti yang terlihat di berbagai foto di media sosial, terlihat beberapa pengguna bergelantungan di hand strap MRT, ada pula yang menginjak-injak kursi penumpang, hingga makan di dalam MRT.

Kelakuan buruk pengguna MRT Jakarta 1

Tak hanya mendapatkan perhatian secara nasional, kelakuan buruk para pengguna MRT Jakarta ini juga turut mendapatkan perhatian internasional. Sebuah media Jepang menyoroti kelakukan "norak" para pengguna MRT Jakarta.


Seperti yang terlihat diberitakan media Jepang, Asahi.com. Media tersebut membagikan berita yang menyoroti perilaku buruk para pengguna MRT dengan judul "Throw Away on the Seat on the Foot... Controversy in the Jakarta Subway".

kelakuan buruk pengguna MRT 2

Dalam berita mereka menuliskan jika tagar seperti #MRTJKT ramai menjadi topik perbincangan di media Twitter. Dalam tagar tersebut juga terselip kritikan pedas akan kelakuan pengguna MRT yang menginjak kursi dan bergelantungan di MRT.

Asahi.com juga menyoroti perilaku pengguna MRT yang tak sopan dan tak mau antri. "Selain membuang sampah sembarangan, ada pula keluarga yang duduk-duduk di halaman stasiun, membuka kotak makan siang dan tidak mau mengantri. Di dalam kereta, ada foto-foto penumpang yang bergelantungan dan berdiri di kursi MRT," tulis Asahi.com.

Sebagai penutup, salah satu media Jepang ini juga memperingatkan pentingnya reformasi kesadaran penumpang. Seperti diketahui, pada saat tahap uji coba beberapa waktu lalu, para selebgram dan artis yang diajak mencoba MRT juga mengundang kontroversi yang sama.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait