Geram Benderanya Dicopot Diganti Milik Nasdem, PSI Sulut Akan Tempuh Jalur Hukum
Nasional

PSI meminta para kader dan relawan untuk tidak terprovokasi dengan aksi tersebut.

WowKeren - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dibuat geram oleh ulah oknum yang mencopot bendera partainya di Sulawesi Utara. Padahal, bendera itu sengaja dipasang untuk menyambut kedatangan Ketua Umum PSI Grace Natalie pada Selasa (26/3) di Manado.

Tak cukup sampai disitu, di posisi bendera PSI sebelumnya, sudah terpasang bendera milik Partai Nasdem. Diketahui, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh juga rencananya akan menggelar kampanye di Lapangan Manado pada Rabu (27/3).

Aksi pencopotan bendera itu diabadikan lewat video yang diunggah oleh pihak PSI. Dalam video tersebut, terlihat oknum yang diduga seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Camat Mapanget, Reyn Heydemans, sedang berargumen.

Ia berkilah bahwa Partai Nasdem sudah lebih dulu memasang bendera partai di tempat itu. "Sudah, Nasdem itu sudah lebih dulu memasang dan mereka sudah minta ijin terlebih dahulu," kata Heydemans dalam video tersebut.

Pihak PSI menilai bahwa aksi ini merupakan tindakan yang mampu mencederai proses demokrasi. Pesta demokrasi yang seharusnya bisa diwarnai dengan adanya perbedaan justru terganggu dengan aksi pencopotan bendera salah satu Parpol.


"Bendera PSI dicopot dan dirusak lalu digantikan bendera partai lain," kata Ketua DPW PSI Sulawesi Utara Melky J Pangemanan, Selasa (26/3). "Hal ini mencederai demokrasi kita."

Meski demikian, ia tidak ingin jika aksi ini berkembang menjadi alat provokasi. Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada seluruh kader dan relawan untuk tidak terpancing dengan hal-hal semacam ini.

Pangemanan mengatakan pihaknya akan menempuh jalur hukum dengan melaporkan hal ini ke Bawaslu. "Kita akan tempuh sesuai prosedur hukum. Laporkan ke Bawaslu dan pihak kepolisian," lanjut Pangemanan.

Ia menegaskan bahwa PSI akan tetap solid. Kehadiran Grace di Tanah Toar Lumimuut akan membangkitkan semangat para kader dan relawan untuk terus melawan intoleransi dan korupsi di Indonesia.

"Pencopotan dan perusakan bendera PSI, tidak akan mematahkan semangat kami," tegas Pangemanan. "Kehadiran Ketua Umum kami, Grace Natalie dalam kampanye di Tanah Toar Lumimuut, akan semakin membangkitkan semangat kami untuk terus berjuang melawan korupsi, intoleransi dan ketidakadilan di negeri ini."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait