PT PAL Siap Luncurkan Kapal Selam Pertama Karya Anak Bangsa, Disebut Mampu Saingi Buatan Rusia
PT PAL
Nasional

KRI Alugoro 405 kini telah siap untuk diluncurkan. Melalui BUMN PT PAL Indonesia di Surabaya, anak bangsa mampu merakit kapal selam produksi dalam negeri.

WowKeren - Kapal selam produksi dalam negeri telah siap untuk diluncurkan. Melalui BUMN PT PAL Indonesia di Surabaya, anak bangsa mampu merakit KRI Alugoro 405.

Kapal selam tersebut telah menjalani beberapa proses opsiting serta pemindahan kapal. Foto KRI Alugoro 405 juga dibagikan oleh akun @indonesian_armedforces di Instagram. Peluncurannya hanya tinggal menunggu kepastian dari pihak Istana.

"Kami hanya menunggu jadwal kepastian dari Istana (Presiden Joko Widodo) untuk seremonial peluncuran," tutur Plt Kepala Departemen Humas PT PAL Indonesia (Persero), Utario Esna Putra, Rabu (3/4). "Namun proses opsiting terus berlanjut."

Utario menjelaskan kapal selam tersebut sudah bisa menyatu dengan air. Proses pemindahan dari hanggar atau bengkel kapal selam menuju Dok Semarang yang berada di kawasan PT PAL Indonesia juga telah dilakukan.

Menurut Utario, peluncuran KRI Alugoro 405 awalnya dijadwalkan pada Maret 2019. Namun karena ada ketidaksesuaian jadwal, maka peluncuran terpaksa diundur dan direncanakan minggu depan.


Diketahui, Indonesia membeli 3 kapal selam dari Korea Selatan. Dua kapal dirakit di Korea dan satu diproduksi oleh PT PAL Indonesia.

Indonesia mampu memproduksi kapal selam tersebut berkat kerja sama PT PAL dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (perusahaan galangan) di Korea Selatan. Perusahaan tersebut melakukan transfer teknologi kepada PT PAL.

PT PAL juga mampu membuat kapal selam seperti desain kapal selam Kilo buatan Rusia. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan rudal S dan torpedo satuan pemukul berat.

Nantinya, kapal selam rakitan anak bangsa tersebut akan digunakan oleh TNI AL. Sebelumnya, TNI AL juga telah menerima kapal selam KRI Nagapasa 403 dan KRI Ardadedali produksi Korea Selatan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru