Ratna Sarumpaet Keluhkan Sel Tahanan, Polisi: Kalau Enggak Suka ya Jangan Masuk Penjara
WowKeren/Fernando
Nasional

Menanggapi keluhan Ratna, pihak Polda Metro Jaya pun buka suara. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, mengaku bahwa ruang tahanan Ratna sudah layak huni.

WowKeren - Terdakwa kasus hoaks, Ratna Sarumpaet, sempat mengungkapkan beberapa keluhan terkait ruang tahanan yang ia tempati. Menurut Ratna, sel tahanan itu mempengaruhi kesehatannya.

Ibunda Atiqah Hasiholan itu bahkan mengaku tidak ada ventilasi udara di ruangan tersebut. "Ya kita coba ajukan lagi ya. Disana susah soalnya enggak ada ventilasi," tutur Ratna di persidangan lanjutannya pada Selasa (26/3) lalu. "Saya misalkan sakit dengkul, dengkul saya suka misplace (dislokasi) suka keluar dari sarangnya, kalau di tempat tidur biasa kaki saya bisa turun duluan."

Menanggapi keluhan Ratna, pihak Polda Metro Jaya pun buka suara. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengaku bahwa ruang tahanan Ratna sudah layak huni.

Menurut Argo, semua tahanan memang harus menerima kondisi lapas yang ada. Ia juga menekankan bahwa kondisi yang diterima Ratna merupakan konsekuensi dari perbuatannya sendiri. "Kalau enggak suka jangan masuk penjara (jangan berbuat pidana)," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya Jakarta, Selasa (2/4).

Tak hanya itu, Argo juga merinci sel tahanan Ratna yang disebut berbeda dengan ruang yang lain. Ruang yang dihuni Ratna diisi oleh 5 orang, sedangkan sel lain bisa diisi hingga 14 orang tahanan.


Menurut Argo, hal tersebut dilakukan kepolisian supaya Ratna merasa nyaman. "Ruang sel Ratna sudah layak ya. Biar nyaman, biar betah," jelas Argo.

Terkait dengan tidak adanya ventilasi dalam sel tahanan Ratna, Argo pun memberikan penjelasan. Menurut Argo, ketiadaan ventilasi di sel sudah sesuai dengan prosedur atau ketentuan ruang tahanan.

"Enggak ada ventilasi," jelas Argo. "Karena nanti kalau dimasukin lilin sama orang lain gimana?"

Argo pun lantas membantah soal ketiadaan kasur di sel tahanan Ratna. Argo mengaku bahwa pihaknya telah menyiapkan kasur untuk aktivis tersebut. Sejumlah fasilitas lain bahkan telah disediakan, seperti lampu terang dan kipas angin.

"Bukan kasur di lantai, tidak," ungkap Argo. "Kita ada kayu tinggi dikasih karpet, lalu kasur."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru